Kadis Kesehatan Launching Pelayanan Persalinan 24 Jam Puskesmas Cicantayan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi didampingi Camat Cicantayan saat akan melakukan gunting pita gedung pelayanan persalinan 24 jam Puskesmas Cicantayan.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi terus mengoptimalkan pelayanan kesehatan di sejumlah wilayah dengan membuka pelayanan Puskesmas 24 jam. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan akses dan kualitas kesehatan di sejumlah Puskesmas.

Seperti Puskesmas Cicantayan Kabupaten Sukabumi ini salah satunya. Pada Kamis 28 Desember 2023, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi secara resmi melaunching pelayanan Puskesmas 24 jam.

Peresmian gedung baru pusat pelayanan Puskesmas 24 jam Cicantayan yang di buka oleh Kepala Dinas Kesehatan turut dihadiri oleh Kepala Bidang UPK Upaya dan Pembiayaan Kesehatan H Cucu dan Forkopimcam Kecamatan Cicantayan serta tamu undangan lainnya.

Baca juga:  Kabar Duka dari Kasepuhan Ciptagelar, Emak Alit Istri Abah Ugi Meninggal Dunia

“Ya mulai Januari 2024 telah dibuka layanan 24 Jam untuk Puskesmas Cicantayan ini. Tentunya guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan pemeriksaan dan pengobatan umum, serta kegawatdaruratan,”kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Agus Sanusi, Kamis, 28 Desember 2023.

Agus juga menjelaskan, layanan Puskesmas 24 jam dapat diakses oleh semua pasien, baik pasien umum maupun BPJS. Pelayanan Puskesmas 24 jam ini pun dibuka setiap hari Senin-Jumat.

“Sedangkan untuk Puskesmas dengan layanan rawat inap tetap memberikan pelayanan 24 Jam setiap hari. Perbedaan layanan 24 jam pada Puskesmas rawat inap adalah pelayanan persalinan dan rawat inap,” jelas Agus.

Baca juga:  Inilah Kronologi Sepeda Motor Tabrak Truk Mogok di Jembatan Bojonggaling

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Sukabumi sendiri memiliki sebanyak 58 Puskesmas. Ia juga berharap sejumlah Puskesmas lainnya yang ada bisa segera memberikan pelayanan 24 jam.

“Ya, kami berusaha maksimal memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat kabupaten sukabumi dengan layanan 24 jam di Puskesmas,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan saat diberikan kesempatan potong tumpeng di launching pelayanan persalinan 24 jam Puskesmas Cicantayan.| ist

Sementara itu Kepala Puskesmas Cicantayan Ruhendi menambahkan, pihaknya sangat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi terutama Dinas Kesehatan yang sudah memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Puskesmas.

“Jadi Launching Persalinan 24 Jam dan Jambore Kader Tingkat Kecamatan ini tujuannya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kecamatan Cicantayan pada khususnya,” ujar Ruhendi kepada wartawan.

Baca juga:  Wabup: Monitoring Vaksinasi di Jampangtengah, Terus Gerak Cepat Capai 100 Persen

Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan persalinan 24 jam pihak Puskesmas sudah menyiapkan tenaga perawat secara medis dengan bantuan (enam tanngan) yaitu Dokter, Perawat dan Bidan.

“Kami siap melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan 24 jam.Ya pelayanan persalinan 24 jam ini bertujuan untuk meminimalisir peningkatan angka kematian bayi dan ibu,” jelasnya

Ruhendi juga menambahkan tenaga kesehatan di Puskesmas Cicantayan antara lain terdapat 21 bidan, 10 perawat dan 3 dokter plus dokter gigi.

Pos terkait