Kemarau Berkepanjangan, Pemdes Cidadap Sukabumi Distribusikan Air Bersih

Pendistribusian air bersih yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Cidadap. Foto : Ndie

LINGKARPENA.ID | Pemerintahan Desa Cidadap Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi mendistribusikan puluhan liter air bersih kepada ratusan kepala keluarga yang kesulitan akibat dampak kemarau panjang yang melandan beberapa bulan terakhir ini.

Upaya pendistribusian air bersih tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Desa dalam membantu warga yang mengalami kesulitan air bersih akibat kemarau panjang.

Yasir Denhas Kepala Seksi Pemerintahan Desa Cidadap mengatakan, kegiatan penyaluran air bersih tersebut sudah beberapa kali dilakukan, kali ini di tiga titik RT yakni kampung Mariuk, RT 03, 02 dan 01.

Baca juga:  Pergeseran Tanah di Curugkembar, 3 Rumah Rusak Berat 12 Terancam

“Pemdes Cidadap kali ini bekerja sama dengan perumahan di Simpenan, kendaraan tangki, air bersih dan juga fasilitas lainnya,” ungkap Yasir kepada Lingkarpena.id, Selasa, (3/10/2023).

Dijelaskan Yasir, sebanyak kurang lebih 21.000 liter air bersih didistribusikan kepada 400 kepala keluarga yang terdampak kesulitan dan membutuhkan secara gratis.

“Satu kali pendistribusian mengangkut air menggunakan tangki, setiap tangki menampung 1000 liter, target 3 titik lokasi yakni 7 rit mencapai 21ribu liter. Sebelum terdampak kekeringan, awalnya warga mengambil kebutuhan air bersihnya dari air sungai cimandiri sebagai sumber air terdekat,” imbuhnya.

Baca juga:  Konsultan Asal Banten Ditemukan Tewas di Sungai Cimahi Sukabumi

Kegiatan pendistribusian air bersih tersebut, kata Yasir, sudah di lakukan secara berkala di beberapa lokasi berbeda yang berada di wilayah desa cidadap, kecamatan Simpenan.

“Harapan dari Pemdes Cidadap semoga dengan adanya kegiatan ini secara berkala di beberapa titik, bisa membantu warga desa yang sedang krisis air bersih akibat kemarau panjang tahun ini,” tandasnya.

Baca juga:  Kecelakaan Maut di Geopark Telan Tiga Nyawa

Pos terkait