Ketua DPRD Sukabumi : Pembangunan Tol Jagoratu akan Berlanjut

LINGKARPENA.ID | Program pembangunan jalan tol dari Cibadak menuju Palabuhanratu atau tol Jagoratu, akan berlanjut, hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara.

Yudha sudah memastikan program pembangunan jalan tol Jagoratu akan terealisasi karena pihaknya telah beberapa kali terlibat dalam rapat kordinasi sehingga pembangunan tol Jagoratu tersebut sudah masuk dalam projek nasional dan telah dicanangkan presiden republik Indonesia Joko Widodo.

“Kita pernah ikut ke terlibat di dalam rapat koordinasi, memang kami pemerintahan daerah mengajukan agar ada akses jalan tol masuk ke Palabuhanratu karena dirasa perlu,” ujar Yudha.

“Kita punya akses akses pariwisata yang memang butuh daya ungkit infrastruktur, untuk bagaimana bisa membawa atau menggiring wisatawan wisatawan untuk datang ke Kabupaten Sukabumi, kita punya CPUGGp yang notabene adalah sebagai salah satu ikon internasional,” imbuhnya.

Baca juga:  Pemdes Pagelaran Tekankan BUMDes Kelola Usaha Agraria dan Pariwisata

Yudha menjelaskan, namun dalam pengembangan potensi CPUGGp tersebut jika tidak didukung adanya accessibility jalan yang sampai ke Palabuhanratu dari luar Kabupaten Sukabumi akan sulit karena sejauh ini jalur tempuh dari Jakarta maupun dari Bandung untuk sampai ke Gopark membutuhkan waktu cukup lama.

“Jadi harapan jalan tol akan masuk ke Jagoratu, saya selalu ketua DPRD bersama sama Pak Bupati betul betul mengawal itu agar bisa masuk sebagai salah satu projek nasional di tahun tahun berikutnya,” jelasnya.

“Nanti pastinya setelah pemilihan presiden ini akan ada skala skala prioritas dan saya melihat Pak Jokowi Presiden Republik Indonesia saat ini sudah mencanangkan beberapa projek projek nasional di Kabupaten Sukabumi, salah satunya bandara, dermaga dan juga yang tadi saya sampaikan adalah jalan tol jadi,” sambungnya.

Baca juga:  25 Pejabat Esselon II, III, IV Purnabakti Dilepas Bupati Marwan, Begini Pesannya

Tidak hanya itu, Yudha juga memastikan jika nantinya Kepala Negara atau Presiden berganti dari Joko Widodo kepada siapapun terlebih Prabowo Subianto menang dalam pemilu 2024 nanti, projek projek nasional tersebut bisa terealisasi dan terlaksana karena telah di canangkan dan masuk program nasional.

“Semoga projek nasional ini menjadi daya ungkit ekonomi di daerah, Palabuhanratu sendiri mempunyai ikon yang baik, ini bisa meningkatkan investasi juga yang sejauh ini sangat minim, kita butuh investment untuk datang ke Kabupaten Sukabumi tentunya di dunia dunia pariwisata, kita punya keindahan alam dan anugerah dari Allah subhanahu wa ta’ala dan potensi ini harus digali sedemikian rupa untuk bisa nanti menggiring para investor,” bebernya.

Baca juga:  Korsleting Listrik Rumah Ludes Terbakar

Lanjut Yudha, untuk ruas jalan tol Jagoratu tersebur sudah ketahui bahwa nantinya akan mulai dari Cikidang masuk ke Warungkiara dan turun ke Palabuhanratu dengan melintasi lahan lahan yang di dominasi merupakan HGU dan juga perhutani.

“Itu ranahnya ada di pusat kami kabupaten tidak punya hak untuk mengajukan Grand Desain perencanaan apapun, kami diberikan tugas untuk mempersiapkan landscape yang ada,” tuturnya.

“Memang konsepnya apabila ada lahan masyarakat yang terkena pembebasan, ini harus pembebasannya harus dibelinya jual untung, enggak jual rugi, jadi ini yang betul-betul sangat hati-hati,” tandasnya.

Pos terkait