Mahasiswa UMMI Gelar Lokakarya Awal KKN Tematik 2023 di Kelurahan Situmekar Lembursitu

Lurah Situmekar Bima Suci Nugraha saat membuka Lokakarya KKN-T Mahasiswa UMMI di Aula Kelurahan, Jumat 21 Juli 2023.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sukabumi (LPPM UMMI) menyelenggarakan KKN Tematik tahun 2023 dengan mengusung tema utama “Membangun Desa Menuju Masyarakat Madani”.

Kepada Lingkarpena.id divisi humas KKN-T mahasiswa UMMI dari Kelompok 03, Rifky Zulhadzilillah mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai program studi. Kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, yang tersebar ke berbagai wilayah di kota maupun kabupaten Sukabumi.

“Jadi setiap kelompok mendapatkan tema-tema tertentu. Ya seperti ekonomi, pendidikan, hingga pariwisata, kemudian disesuaikan dengan karakteristik daerah tempat pelaksanaan, dengan tujuan agar mahasiswa dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai segi kehidupan,” kata Rifky, Sabtu 22 Juli 2023.

Baca juga:  Harga Beras Naik, Warga Kota Sukabumi Panik

Lanjut Rifky, seperti kelompok 3 yang ditempatkan di Kelurahan Situ Mekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Kelompok ini mendapatkan tema “Pendidikan Lingkungan Hidup” dan telah sukses melaksanakan Lokakarya Awal pada Jum’at, 21 Juli 2023 kemarin.

Kegiatan lokakarya yang  digelar di Aula Kelurahan Situmekar, dihadiri langsung oleh Lurah Situmekar Bima Suci Nugraha, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jarry Nugraha, Koordinator Program ibu Dr. Amalia Nur Milla, S. P. M. P., Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr. Aa Juhanda, M.Pd, BABINSA, BHABINKAMTIBNAS, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Ketua RW, Ketua PKK, Karang Taruna dan tokoh masyarakat lainnya.

Baca juga:  Pasca Kenaikan BBM, Kapolres Siagakan Personil di Sejumlah SPBU di Wilayah Kota Sukabumi

“Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dari serangkaian kegiatan dalam program kerja Kelompok 3 tahun 2023. Dalam kegiatan itu para pihak terkait dan masyarakat memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan selama 40 hari kedepan,” singkatnya.

Momen foto bersama usai pembukaan lokakarya KKN-T Mahasiswa UMMI kelompok 03 di Kelurahan Situmekar Lembursitu.| ist

Sementara itu, Lurah Situmekar Bima Suci Nugraha dalam sambutannya berpesan, agar para mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan ini bukan hanya sebatas menjalankan tugas perkuliahan semata. Kan tetapi mahasiswa dapat berkoordinasi bersama dengan masyarakat setempat sehingga program-program yang akan dilaksanakan akan terus berkesinambungan.

Adapun beberapa program kerja utama yang sudah dirancang diantaranya, memberikan sosialisasi pendidikan lingkungan hidup, membuat pos lingkungan hidup, sodaqoh sampah, serta memberikan pelatihan pengelolaan sampah organik dan non organik.

Baca juga:  Stok Darah Menipis, Karang Taruna Kota Sukabumi Sumbang 20 Labu ke PMI

Selain program primer atau utama, kelompok 3 juga menyusun program sekunder yang bertujuan untuk menunjang program utama serta meningkatkan partisipasi masyarakat, diantaranya melakukan penanaman pohon, memberikan edukasi melalui pengajian, mengadakan bimbingan belajar Ruang Ceria, serta memberikan pembinaan keorganisasian.

“Melalui kegiatan KKN Tematik ini para mahasiswa ini, saya berharap agar kerjasama ini akan berjalan dengan lancar dan terus terjalin baik. Ya sehingga akan memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat di Kelurahan Situmekar,” pungkas Lurah.*

Pos terkait