Menong, Miniatur Patung Hias Khas Purwakarta yang Unik dan Cantik

miniatur patung Menong

LINGKAR PENA – Selain memiliki banyak destinasi wisata, Kabupaten Purwakarta juga terkenal memiliki banyak perajin-perajin andal. Di antaranya, mereka yang bergelut di industri kerajinan kriya (keramik). Khusus untuk kerajinan kriya, saat ini terpusat di Kecamatan Plered.

Banyak juga buah tangan yang bisa didapat di Purwakarta dari kerajinan tangan, salah satunya miniatur patung bernama Menong.

Baca juga:  Wabup Potong Tumpeng Paripurna Milangkala ke 153 Kabupaten Sukabumi

Seperti diketahui, Menong digambarkan sebagai sosok perempuan cantik. Kulitnya kuning langsat, bibirnya kecil, beralis panjang, dan di kepala terdapat mahkota menyerupai sigar.

Sesuai namanya, Menong Purwakarta unik, cantik dan lucu. Apalagi, pakaiannya yang didominasi warna hitam dan merah membuat patung kecil ini nampak menggemaskan.

Karakteristik tubuhnya yaitu kulitnya yang kuning langsat, bibirnya kecil, beralis panjang, dan di kepalanya terdapat mahkota yang menyerupai siger atau mahkota khas pakaian adat lampung.

Baca juga:  Kolaborasi Pemkab Purwakarta – Pemprov Jabar, DKUPP Gelar Opadi di Nagri Tengah

Pakaiannya didominasi dengan warna hitam dan merah. Sesuai nama dan bentukannya, Menong Purwakarta sangat cantik, lucu, dan menggemaskan.

Menong ini sejenis keramik hias khas Plered. Sebenarnya, keramik hias berupa miniatur patung atau boneka ini telah diekspor oleh perajin di wilayah ini sejak 1980 lalu.

Berkat upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, ketenaran Menong sudah terdengar hingga belahan dunia. Misalnya, Asia Tenggara, Amerika, dan bebeberapa negara di Eropa dan Timur Tengah.

Baca juga:  Kadispar Secara Resmi Buka Syukuran Hari Nelayan Ujunggenteng Ke 58 Tahun 2024

Pos terkait