Momen Milangkala, 153 Kendaraan Uji Emisi Gratis di Sukabumi

Salah satu kendaraan saat dilakukan uji emisi di milangkala ke 153 Kabupaten Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar uji emisi kendaraan secara gratis hasil kerjasama melalui Dinas Perhuhungan, dinas Lingkungan Hidup, Polres Sukabumi dan Auto 2000. Uji emisi kendaraan dilaksanakan di depan Kantor SATPAS SIM Polres Sukabumi Palabuhanratu, Minggu (10/9/2023) kemarin.

Uji remisi kendaraan tersebut digelar dalam rangka hari jadi ke 153 kabupaten sukabumi tahun 2023.

Penguji pada seksi kendaran bermotor dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi Gevi Kusmayadi menjelaskan, target kendaraan pada hari ini sebanyak 153 unit. Hal itu sesuai dengan usia Kabupaten Sukabumi.

“Jadi uji emisi kendaraan ini gratis untuk masyarakat. Ya dalam rangka memudahkan masyarakat mendapatkan sertifikat uji lulus uji emisi yang saat ini tentu sangat di butuhkan oleh masyarakat yang melakukan mobilitas ke kota-kota besar seperti Jakarta,” jelasnya.

Baca juga:  Sejumlah Benda Tajam Diamankan Polsek Ciracap

Gevi menjelaskan, bagi kendaraan wajib uji secara priodik selama 6 bulan sekali. Menurutnya kedepan untuk kendaraan yang wajib uji bisa ke dinas perhubungan. Sementara untuk kendaraan yang tidak wajib uji seperti kendaraan pribadi bisa ke dealer yang sudah menyediakan uji emisi salah satunya di auto 2000 Sukabumi.

“Uji emisi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat polutan, terutama yang dihasilkan dari emisi gas buang kendaraan,” imbuhnya.

Sementara itu di tempat yang sama Saepudin (44) warga Griya Permata Permai Desa Mangkalaya Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi merasa bersyukur dengan adanya kegiatan uji emisi tersebut. Pasalnya dirinya pernah terkena rajia gabungan saat mengadakan perjalanan keluar Kota Sukabumi.

Baca juga:  SBMI: Susah Mencari Tahu Dimana Keluarga Korban Berada

“Ketika ada kabar pelaksanaan uji emisi kami merasa antusias dan ini sangat membantu bagi warga yang sering bepergian ke ibu kota karena sering di tanyakan sertifikat uji emisi. Tentu ini sangat membantu kelancaran saat melakukan perjalanan jika sudah dilakukan uji emisi,” tuturnya.

Saepudin begitu mengapresiasi upaya dan langkah yang dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten Sukabumi atas kegiatan yang tengah dijalankan tersebut.

Baca juga:  Dishub Angkat Bicara Soal Jalan Panggelesan - Cibatu Jadi Pijakan Tronton, Ini yang Bakal Dilakukan

“Dari wilayah utara saya sengaja ke Palabuhanratu sambil berwisata bawa keluarga. Alhamdulillah kendaraan saya lolos uji emisi dan mendapatkan sertifikat,” jelasnya.

Diketahui tilang uji emisi merujuk pada tindakan yang dilakukan oleh pemerintah atau otoritas transportasi untuk mengukur emisi gas beracun dari kendaraan bermotor. Ini termasuk pengukuran tingkat karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC) dan nitrogen oksida (NOx).

Adapun mobil dan motor yang usianya di bawah tiga tahun tak wajib uji emisi karena diianggap masih memenuhi standar pabrik. Dengan demikian, emisi dianggap masih sesuai standar dan memenuhi baku mutu.**

Pos terkait