Momentum Harlah Pancasila, Dinas PU Kabupaten Sukabumi

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi Asep Japar. |Istimewa

LINGKARPENA.ID | Momentum bersejarah Hari Lahir (Harlah) Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Kelahiran ideologi RI tersebut ditandai dengan pidato penyampaian usul dasar negara oleh Ir. Soekarno dalam sidang BPUPKI pertama pada 1 Juni 1945 silam.

Setiap tahun, tentu ada tema yang diusung. Kira-kira apa tema Hari Lahir Pancasila 2023

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, tema yang diangkat tahun ini cukup spesial.

Baca juga:  Bantu Warga Terdampak Covid-19, MPC PP Sebar 100 Sembako

Adapun tema Hari Lahir Pancasila 2023 adalah:

“Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Di samping itu, juga ada tagline khusus untuk peringatan tahun ini. Tagline Harlah Pancasila 2023 adalah “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.

Tema Hari Lahir Pancasila

Seperti yang disebutkan di atas, setiap tahun mengusung tema peringatan Hari Lahir Pancasila yang berbeda. Kalau tahun ini tema yang dibawakan adalah:

“Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.”

Baca juga:  Operasi Yustisi, Camat dan Kapolsek Gunungpuyuh Ingatkan 3M 3J

Sejarah Singkat Lahirnya Pancasila

Lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia tak terlepas dari andil presiden pertama RI, Soekarno.

Dari Buku Ajar Pendidikan Indonesia oleh Irwan Gesmi dan Yun Hendri, Soekarno mengemukakan buah pikirannya kepada seluruh peserta sidang BPUPKI pertama pada 1 Juni 1945.

Dalam sidang tersebut, Ir. Soekarno menjelaskan dan menguraikan nilai-nilai yang menjadi landasan ideologi bangsa Indonesia, yaitu Pancasila. Dasar negara versinya terdiri atas lima sila, yaitu:

Kebangsaan Indonesia (Nasionalisme)
Peri Kemanusiaan (Internasionalisme)
Demokrasi (Mufakat)
Kesejahteraan Sosial
Ketuhanan Yang Maha Esa

Baca juga:  Komunitas Angkutan Sewa Pajampangan Santuni 20 Yatim

Setelah pidato Soekarno tersebut, selanjutnya PPKI secara bulat menetapkan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia pada 18 Agustus 1945.

Adapun penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional untuk memperingati Harlah Pancasila baru dimulai pada masa kepresidenan Joko Widodo.

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, 1 Juni pun ditetapkan sebagai peringatan nasional Hari Lahir Pancasila.

 

Sumber : Dinas PU Kabupaten Sukabumi

Pos terkait