P2RW di Kelurahan Baros Kota Sukabumi Mendekati 100 Persen

Lokasi pembangunan P2RW di salah satu ke RW an di Kelurahan Baros Kota Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Capaian pelaksanaan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) di Kelurahan Baros hampir 100 persen dari perencanaan. Demikian disampaikan oleh Lurah setempat, Budi Ruswandi, ketika meninjau hasil pembangunan P2RW dibeberapa lokasi pada 21 Juli 2023.

“Alhamdulillah untuk P2RW hampir 100 persen, semua sudah terealisasi. Jenis pekerjaan bervariasi tergantung dari kebutuhan dan kearifan dari masing – masing wilayah tetapi semua sesuai dengan proposal,” jelasnya.

Ia menerangkan untuk tahun ini P2RW dimanfaatkan oleh warga untuk beberapa jenis pembangunan seperti pengaspalan jalan sepanjang 325 meter di RW 04 serta pembangunan drainase dan Tempat Penampungan Sementara (TPS) di RW 02.

Seperti dijelaskan lebih lanjut semua pembangunan tersebut didukung oleh swadaya masyarakat yang nilainya diperkirakan mencapai kisaran Rp. 90 juta. Diharapkan pula kedepannya Pemerintah Kota Sukabumi bisa meningkatkan anggaran P2RW, karena hasilnya bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga:  Kapolres Sumarni Beri Sepeda Kepada Bocah Difabel yang Pernah Hilang dari Rumah

“Harapan dari warga P2RW lebih ditingkatkan, minimal dipertahankan yang selebihnya memang banyak manfaat bagi warga,” Harapnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua RW 04, Dadang Suparman, yang ditemui saat peninjauan menuturkan harapannya agar dana P2RW ditingkatkan, sehingga seluruh jalan diwilayahnya bisa dilapisi aspal agar memperlancar mobilitas warga.

“Ya mudah – mudahanlah kalau anggarannya memungkinkan, ditingkatkan, karena yang tidak tersentuh oleh SKPD terutama (pembangunan) infrastruktur bisa dititipkan barangkali di RW. Kalau tahun ini Rp. 25 juta, tahun depan Rp. 35 juta, sehingga semua jalan lingkungan di RW 04 semua bisa diaspal,” Tuturnya.

Baca juga:  Cipta Siskamling, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Lakukan Komsos

Sedangkan Ketua RW 02, Ilah, yang juga ditemui pada saat peninjauan menerangkan bahwa harapan kenaikan anggaran P2RW merupakan suatu hal yang wajar, karena harga material pun setiap tahunnya senantiasa mengalami peningkatan.

“Mungkin ini harapan dari semua Ketua RW untuk pembiayaan minta dinaikkan lagi, karena kalau anggaran sebesar itu kalau dicukupkan ya cukup, tapi sekarang mengingat harga yang dari tahun ke tahun itu terus meningkat.” Jelasnya.

RW 11 Manfaatkan P2RW Untuk Perbaikan TPA Al – Hikmah

Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) di RW 11 Kelurahan Baros digunakan untuk meratakan permukaan tanah seluas 11 x 4 meter serta merenovasi bangunan Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al – Hikmah.

Baca juga:  DPU Kabupaten Sukabumi Gelar Rapat PCM Anggaran 2022

Hal ini disampaikan oleh Ketua RW, Omod Supriadi, yang ditemui saat Lurah Baros, Budi Ruswandi, beserta jajaran aparatur kelurahan meninjau pelaksanaan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) dibeberapa lokasi pada 21 Juli 2023.

Ia menambahkan untuk renovasi TPA meliputi pemasangan lantai keramik, dan penggantian pintu serta kusen yang telah keropos dan pengerjaannya kini hampir rampung sejak dimulai pada awal Bulan Juli lalu. Dijelaskan pula setiap pekerjaan dalam P2RW dibantu oleh swadaya masyarakat seperti pemberian material.

“Mulai dari makanan, ada yang membeli pasir untuk membantu pengecoran didepan masjid, Alhamdulillah ada sekitar Rp. 2 Juta,” pungkasnya.**

Pos terkait