Pemilu Serentak 2024, Heri Gunawan: Gencar Sosialisasi Dorong Partisipasi Aktif Warga Sukabumi

Heri Gunawan Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan usai kegiatan sosialisasi di Hotel Horizon Kota Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Heri Gunawan Anggota Komisi II DPR RI, terus gencar melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih pemilu serentak 2024. Kali ini, sosialisasi dan edukasi dilakukan bersama KPU Kota dan Kabupaten Sukabumi untuk sejumlah kalangan yang digelar di Aula Hotel Horizon, Kota Sukabumi, Sabtu (30/9/2023).

Hadir dalam sosialisasi tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara dan anggota DPRD, Usep Wawan, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman sebagai narasumber dan menjelaskan penyelenggaraan pemilu 2024.

Menurut Hergun, sapaan karib Heri Gunawan, mendekali pemilu lebih memusatkan perhatian pada upaya sosialisasi yang intensif dan pendidikan untuk membangkitkan partisipasi warga negara dalam proses demokrasi mendatang. Tujuannya cukup jelas, membangun pemahaman yang kuat dan mengajak warga negara untuk memainkan peran penting mereka dalam memilih pemimpin yang tepat.

Baca juga:  Memasuki Masa Tenang, Petugas Gabungan Tertibkan Alat Peraga Kampanye di Kota Sukabumi

“Pemilu adalah fondasi kuat bagi demokrasi yang berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sosialisasi yang mendalam perlu dilakukan untuk membimbing masyarakat tentang hak dan tanggung jawab mereka sebagai pemilih,” kata Hergun.

Dijelaskan Kapoksi Baleg DPR RI ini, kegiatan sosialisasi mencakup sejumlah acara seperti seminar, lokakarya, diskusi publik dan kampanye sosial.

Baca juga:  Pelatihan Pencaker, Walikota: Persiapkan Skill Individual

Pihak-pihak terkait berkolaborasi dengan tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, serta pemuda untuk memastikan pesan-pesan kunci tentang pentingnya pemilu dan peran pemilih sampai kepada semua lapisan masyarakat.

“Selain sosialisasi, pendidikan pemilu merupakan pilar penting dalam mempersiapkan generasi muda,” jelasnya.

“Program pendidikan ini difokuskan untuk pengetahuan mendalam tentang demokrasi, proses pemilu, sistem politik dan kewajiban pemilih,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara menyebutkan, kegiatan ini sebagai edukasi dan kunci untuk memastikan partisipasi yang berkualitas dalam pemilu.

Baca juga:  Relawan Teuas Bulatkan Tekad Dukung Asep Japar untuk Bupati Sukabumi

“Terima kasih kepada KPU dan DPR RI berkomitmen untuk mengajarkan pemahaman yang benar dan menyeluruh tentang sistem pemilihan dan pentingnya terlibat aktif dalam pemilu,” ungkapnya.

Politisi Partai Gerindra ini berharap upaya besar ini akan membentuk kesadaran kolektif tentang pentingnya hak dan kewajiban warga negara dalam mendukung demokrasi.

“Ya dengan demikian, pemilu serentak 2024 diharapkan akan menjadi momen penentuan arah yang penting dalam sejarah bangsa. Dimana suara rakyat itu sendiri akan mengarahkan masa depan Indonesia,” pungkasnya.**

Pos terkait