Pemkot Sukabumi Luncurkan Portal Aduan Masyarakat, Klik Ini!

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Pemerintah Kota Sukabumi berupaya memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Satu di antaranya dengan meluncurkan portal pengaduan daring yang di launching di Hotel Horison Sukabumi, Selasa (3/11/2020).

Portal pengaduan ini untuk mempermudah masyarakat melaporkan, jika ada aparatur sipil negara (ASN) yang memberikan pelayanan kurang baik. Warga tinggal membuka alamat website inspektorat.sukabumikota.go.id

“Dibuat aduan khusus, ketika ada pelayanan pemerintah tidak sesuai regulasi dan ekpektasi, masyarakat bisa melaorkan baik langsung, surat, dan online,” kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi seusai membuka coaching clinic.

Baca juga:  Pemkot Sukabumi Terus Genjot Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Barat

Baca juga: Pemprov Minta Kepala Daerah Perketat Pengawasan Fasilitas Publik

Baca juga: Wali Kota Sukabumi Minta PMII Buktikan Soal SPK Bodong

Ia menjelaskan, portal ini terinspirasi dari Kepala Kejari Kota Sukabumi untuk membuat portal pengaduan. Nantinya, sambung Fahmi, masyarakat ketika mendapatkan pelayanan publik yang tidak ramah, lama, tidak baik dan benar, bisa menyampaikan pengaduan melalui portal ini.

“Semua pengaduan tentunya akan ditindaklanjuti,” jelas Fahmi.

Layanan ini sebagai bentuk keseriusan para aparatur dalam kerangka dari waktu ke waktu memperbaiki pelayanan kepada warga. Dengan begitu, aparatur merasa diawasi dan terpantau sehingga bekerja semakin profesional.

Baca juga:  Hak Jawab Bank BRI Terhadap Pemberitaan Berjudul: Miris, Bank BRI Segel Rumah Anak Yatim Piatu Dibawah Umur

Dalam peluncuran portal pengaduan Achmad Fahmi membuka coaching clinic penyusunan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) dan penyusunan manajemen risiko di lingkungan Pemkot Sukabumi.

“Penerapan SPIP ini dilakukan pemerintah pusat, provinsi dan kota karena diamanatkan oleh regulasi,” ucapnya.

SPIP perjalanan pemerintahan, harus memberikan keyakinan kepada warga terkait efektivitas dan efisiensi pemerintah berjalan dengan baik dan benar. Selain itu memberikan keyakinan terkait kondisi aset yang ada di daerah, keandalan laporan keuangan dan ketaatan peraturan perundang- undangan.

Baca juga:  Wali Kota Lantik Pejabat Tinggi di Lingkungan Pemkot Sukabumi, Ini Daftarnya

“SPIP sebagai salah satu prioritas yang dipersiapkan sejak awal. Dalam coanching ini peserta mendapatkan arahan SPIP dan proses penyusunan manajemen risiko untuk mengetahui dan mencegah hal yang sangat mungkin membuat kerugian negara. Selain itu, seluruh SKPD mampu semakin memperbaiki kualitas penyelenggaraan pemerintahan,” tandasnya.

Reporter : Garis NB
Redaktur : Alan

Pos terkait