Sosok Bidan Eros Rosita. Kredit Foto Bidan Eros Rosita: Vivalife/Stella Maris

Pengabdian Tulus Bidan Eros Untuk Suku Baduy Diapresiasi Ketua DPD RI

NASIONAL SOSIAL

Lingkarpena.id, JAKARTA – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, pengabdian Bidan Eros Rosita perlu diapresiasi. Kegigihan ia membantu persalinan masyarakat Suku Baduy, yang tinggal di Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, Banten.

Menurut LaNyalla, perjuangan Bidan Eros yang tanpa pamrih itu harus mendapat perhatian pemerintah.

“Saya mengapresiasi sebesar-besarnya perjuangan Bidan Eros Rosita. Selama ini dia mengabdikan dirinya membantu kelancaran persalinan warga Baduy,” kata LaNyalla, Senin (25/10/2021).

Bidan Eros telah mengabdikan diri sejak tahun 1997 untuk membantu proses persalinan Suku Baduy. Setiap ada yang mau melahirkan, Bidan Eros rela menempuh perjalanan jauh agar proses persalinan berjalan lancar.

Baca juga:  PB HMI Tegas Menolak Wacana Jokowi 3 Periode
Baca juga:
200 Warga Suku Baduy Dapat Suntikan Vaksin, Ketua DPD RI: Semua Punya Hak Setara

Perjalanan mencapai Desa Kanekes sendiri harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 28 kilometer. Perjalanan itu dari rumahnya di Kampung Ciboleger.

“Medan perjalanan yang dilalui sangat sulit karena harus berjalan menaiki dan menuruni bukit. Namun, Bidan Eros tetap dengan kerelaan mau membantu proses persalinan Suku Baduy. Tentu harus ada apresiasi lebih bagi Bidan Eros sebagai pejuang kemanusiaan,” papar LaNyalla.

Baca juga:  Lapas Warungkiara Sumbang 100 Labu Darah dan 50 Paket Bansos di Hari Dharma Karya Dhika 2021

Senator asal Jawa Timur itu melanjutkan, selain perjalanan yang sulit, warga Baduy masih banyak yang tidak percaya dengan bidan. Mereka masih melakukan proses persalinan dengan dukun beranak atau paraji.

“Hal ini tentu menjadi tantangan yang besar. Di lapangan, Bidan Eros harus menghadapi warga dengan penuh kesabaran,” kata LaNyalla.

Baca juga:
Baksos Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Tandai Operasional Kantor PWI Kabsi

Berbekal kesabaran itu, Bidan Eros berkolaborasi dengan para dukun beranak atau paraji untuk membantu
warga melakukan proses persalinan. Ditambah imunisasi, mengobati warga yang sakit dan melakukan sosialisasi tentang kesehatan ibu dan bayi dengan mengunjunginya satu per satu rumah warga yang tengah mengandung.

Baca juga:  Jelang Rapimpurnas, DPP KNPI Launching Maskot

Atas dedikasinya itu, LaNyalla juga mendorong Pemkab Lebak agar memberikan perhatian lebih kepada para pejuang kesehatan seperti Bidan Eros. Tentunya sebagai bentuk penghargaan terhadap dedikasi yang telah diberikan.

“Saya berharap hal ini akan dapat menginspirasi bidan-bidan lainnya dalam mewujudkan Indonesia sehat,” harap LaNyalla.(**)

 

Kontributor: Dedi Gunawan
Redaktur: Akoy Khoerudin