Peringati HUT Kodam III Siliwangi, Kodim 0607 Gelar Khitanan Massal

FOTO: Letkol Inf Yudhi Hariyanto, S.Hub.Int., Dandim 0607/Kota Sukabumi, menyaksikan langsung proses khitan di lokasi kegiatan.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 78 Kodam III Siliwangi, Kodim 0607 Kota Sukabumi menggelar acara khitanan massal. Kegiatan tersebut berlangsung di Rumkitban 03.08.01 dkt. Pangrango Sukabumi Jalan Bale Desa (Baldes) Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Selasa, 25 Juni 2024.

Dalam kegiatan khitanan massal peringati HUT ke – 78 Kodam III/ Siliwangi tersebut Kodim 0607 bekerja sama dengan RS. Asyifa. Acara tersebut dengan mengambil tema “Militan Dalam Pertempuran Terdepan Dalam Pembangunan”.

Letkol Inf Yudhi Hariyanto, S.Hub.Int., Dandim 0607/Kota Sukabumi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian hari ulang tahun ke-78 Kodam III Siliwangi. Ada banyak kegiatan lainnya mulai dari syukuran dan berbagai lomba. Dan khitanan masal ini merupakan kegiatan utama.

Baca juga:  PT SCG Luncurkan Program Gesari Academy

“Tentunya kami berharap kehadiran kami dari Kodam III yang diselenggarakan oleh Kodim 0607/kota Sukabumi dapat memberikan manfaat dan bisa berkolaborasi baik dengan pemerintah, instansi kesehatan serta komponen masyarakat lainnya dalam mewujudkan pembangunan daerah,” kata Dandim.

“Kami juga apresiasi dan ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada rumah sakit Asyifa kemudian juga ibu Hj Nurmila yang sudah mensupport pelaksanaan ini hingga dapat terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Dandim juga mengucapkan terima kasih kepada semua warga masyarakat Sukabumi yang turut berpartisipasi dalam kegiatan khitanan masal.

“Ya khian merupakan sebagian dari syariat agama yang kita yakini dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. Dari pandangan agama fungsi khitan sendiri adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat-syarat ibadah,” terangnya.

Baca juga:  Dapat Kunjungan Anggota Kodim 0622, Ini Respons Orang Tua Anak Penyandang Disabilitas di Warungkiara

Sedangkan dari pandangan medis seperti yang diungkapkan para ahli kedokteran bahwa kita mempunyai faedah yang sangat penting bagi kesehatan karena selain membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyiannya kotoran virus bakteri dan lain-lain yang dapat membahayakan kesehatan

Lanjut Dandim, melalui kegiatan baksos ini tentunya kita berharap dapat memberikan dampak positif bagi warga yang berada di kota Sukabumi. Kemudian harapan kita anak-anak nanti yang dikhitan segera sembuh dan dapat segera pulih kembali.

“Semoga mereka nantinya akan menjadi anak-anak yang cerdas, anak yang sholeh dan berguna bagi negara bangsa dan agama,” tandasnya.

Baca juga:  Nasdem Kota Sukabumi Mulai Panaskan Mesin Politik

Kegiatan khitanan massal turut dihadiri Letkol inf Suntoro Kasdim 0607 kota Sukabumi, Para Pasi Kodim 0607/kita Sukabumi, Para Danramil Kodim 0607/Sukabumi, Perwakilan Persit KCK Cab XVII, dr. Lulis (mewakili Kadinkes Kota Sukabumi), Lettu CKM ( k ) dr. Niko Fitri intan (Ka Rumkitban Pangrango), Hj Nurmila ( sponsor ), dr. Pajrul ( Wadir RS. Asyifa ) Dan Para Babinsa Kodim 0607/Kota Sukabumi.

Adapun team Medis yang terlibat dari RS Asyifa pimpinan Ade Warman sebanyak 13 orang. Dan dari Rumkitban 03.08.01 dkt. Pangrango Sukabumi yang dipimpin oleh kolonel CKM purnawirawan dr. Sopian sebanyak 10 orang.

Sementara untu jumlah peserta khitan sendiri terdaftar sebanyak 62 orang, yang hadir sebanyak 46 orang dan telah dilaksanakan sunatan massal.

Pos terkait