Plh. Sekda Hadiri Giat Sosialisasi UMKM

FOTO: Plh Sekda saat berfoto bersama peserta sosialisasi usai kegiatan.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Toha Wildan Athoilah menghadiri kegiatan sosialisasi UMKM dan digitalisasi pasar di Pangrango Resort, Selasa, 25 Juni 2024.

Kegiatan yang digagas Himpunan Putra/Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) menghadirkan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia Jerry Sambuaga.

Dalam kesempatan tersebut, Wamendag mengatakan, pemerintah harus berpihak kepada UMKM. Sebab, UMKM sangat membantu negara dalam hal perekonomian.

“PDB kita 60 persen dibantu UMKM. Termasuk dari serapan tenaga kerjanya. Jadi kita punya komitmen berpihak kepada UMKM. Kalau tak bantu UMKM, turunan efeknya akan banyak,” ujarnya.

Maka dari itu, digitalisasi pasar pun menjadi upaya keberpihakan pemerintah terhadap UMKM dan pedagang. Digitalisasi pasar ini, membantu memudahkan pedagang dalam berjualan.

Baca juga:  Plh Sekda Lepas Kafilah Kab Sukabumi Mengikuti FASI XII Provinsi Jabar

“Lewat digitalisasi, pembayaran tidak harus cash, bisa mengunakan teknologi pembayaran seperti qris. Ini pun salah satu bentuk inklusi keuangan,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, digitalisasi ini pun membantu para pedagang. Terutama dalam memudahkan akses peminjaman modal ke perbankan.

“Ketika pembayaran secara digital, akan tercatat lebih bagus terkait arus keluar masuk uang. Sehingga, memudahkan untuk menyampaikan laporan keuangan, ketimbang dengan sistem manual,” ungkapnya.

Dukungan terhadap UMKM dengan digitalisasi pasar ini, harus didorong semua kalangan. Termasuk dukungan dalam mencintai produk dalam negeri.

Baca juga:  Jelang Ramadhan Diskumindag Kota Sukabumi Gelar Bazar Murah

“Kita juga harus bangga buatan Indonesia. Produk Indonesia harus didukung kita semua,” tegasnya.

Sementara itu Plh Sekda menyebutkan, digitalisasi merupakan upaya penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis serta operasional. Sebab digitalisasi bukan sekadar menggunakan teknologi untuk menjual produk, namun memudahkan pertemuan antara pedagang dan pembeli.

“Ini dapat memperpendek mata rantai distribusi,” ungkapnya.

Apalagi bagi Kabupaten Sukabumi, hal ini merupakan sesuatu yang sangat bagus. Mengingat, Kabupaten Sukabumi memiliki sumber daya alam yang luar biasa.

“Sumber daya alam ini menjadi kekuatan yang dimiliki Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

Baca juga:  Kepala UPTD PSM dan Perwapas Sambut Baik Sidak Satgas Pangan

Berkaitan itu semua, Pemkab Sukabumi telah mendorong para pelaku UMKM demi kebaikan dan kemajuan UMKM di Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah, para pelaku UMKM sudah berbenah diri. Mulai dari sisi kelembagaannya, produktivitas, dan juga akses pasarnya,” jelasnya.

Ketua HIPAKAD Kabupaten Sukabumi H. Yayat Supriatna mengatakan, kegiatan menjadi ajang silaturahmi pengurus dan anggota se Jawa Barat. Selain ini, menjadi ajang mempererat kemitraan antara organisasinya dengan pemerintah.

“Semoga acara ini mendapatkan banyak manfaat. Kita pun siap bekerjasama dengan baik bersama pemerintah dserah. Terutama dalam memajukan daerah,” pungkasnya.

Pos terkait