Rumah Warga Simpenan Sukabumi Ludes Dilahap Api, Ini Penyebabnya

FOTO: Kondisi rumah Iwan warga Cihaur Simpenan pasca mengalami kebakaran. Petugas masih melakukan pendinginan.| Dok P2BK

LINGKARPENA.ID | Sebuah rumah panggung dengan ukuran 9 kali 7 meter di Kabupaten Sukabumi ludes di lahap si jago merah, pada Selasa, 4 Juni 2024.

Kebaran terjadi tepatnya di Kampung Cikaramat, RT 03/06 Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan. Peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 13:30 wib menghanguskan rumah milik Iwan dan Mulyati.

Kebakaran awal diketahui oleh Arisandi (35) warga Kampung Bojong Asih Rt.01/07 yang merupakan Kepala Dusun. Saksi segera meminta bantuan warga dan melaporkan kejadin tersebut kepada unsur Forkopimcam Simpenan.

Baca juga:  Anggota Polsek Simpenan Sigap Bantu Kebencanaan Longsor

“Saya setelah mendapat laporan pak Kadus segera koordinasi dengan unsur Muspika Simpenen dan langsung terjun ke lokasi,” ujar Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan P2BK Simpenan, Dendi Sulaeman kepada Lingkaar Pena.

Akibat kebakaran tersebut warga sekitar sempat panik. Dengan alat seadanya ahirnya api berhasil dipadamkan oleh warga setempat.

Kebakaran terjadi diduga adanya arus pendek listrik atau korsleting listrik pada salah satu instalasi di rumah korban.

Baca juga:  Longsor Ancam Rumah Warga di Parakansalak

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tadi. Pak Iwan bersama keluarga selamat. Kerugian atas kebakaran mencapai 80 juta rupiah,” jelas Dandi.

Iwan dan keluarga untuk sementara waktu diungsikan ke rumah saudara terdekatnya. Pihak BPBD dan unsur Muspika melakukan himbauan kepada warga sekitar untuk selalu waspada dan berhati-hati saat menggunakan alat elektronik.

Baca juga:  13 Pelajar SMP Diamankan Warga di Pajampangan, Ini Motifnya

Pos terkait