Unit Ambulan disiagakan guna untuk membantu evakuasi korban keracunan di Desa Wanasari Surade, Minggu (22/8/2021). [Foto: Ist]

Keracunan Massal di Surade Capai 89 Orang, Polisi: Tunggu Hasil Lab

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, Kabupaten Sukabumi – Kejadian luar biasa (KLB) keracunan massal di Desa Wanasari Kecamatan Surade mencapai 89 orang. Data tersebut, didapat dari dua titik lokasi penanganan warga yang mengalami keracunan.

Dugaan sementara keracunan massal yang dialami warga masyarakat Desa Wanasari tersebut, terdapat dari makanan yang mereka santap ditempat hajatan Keluarga H Memed dan Ibu Wati asal Kampung Sindanghayu RT 26/03 Desa Wanasari pada Minggu (22/8/2021) kemarin.

Diketahui, pada Minggu 22 Agustus sekitar pukul 19:00 WIB reaksi mulai terjadi dan dialami warga yang sempat menikmati hidangan di acara hajatan dengan gejala mual, diare, muntah, sakit kepala dan pusing-pusing. Hingga sampai pukul 23:50 WIB jumlah korban yang mengalami keracunan mencapai 89 orang pasien.

Baca juga:
Keracunan Massal di Surade Sukabumi, Diduga Ini Penyebabnya!

Berdasarkan data yang dihimpun, warga keracunan yang mendapatkan penanganan melalui Posko Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Wanasari berjumlah 77 orang. Sementara jumlah lainnya warga yang berobat di tempat Praktek sdr. Ramdan (Perawat Puskesmas Surade) Kampung Simpangkaret Rt 03/01 Desa Citanglar Kecamatan Surade terdapat 12 orang.

Kapolsek Surade Asep Sundana, melalui Unit reskrim Bripka Ujang Tarso mengatakan, berdasarkan keterangan dari beberapa korban pada hari Minggu 22 Agustus 2021 sekira pukul 08:30 WIB warga mengkonsumsi hidangan Nasi dan Daging Sapi di tempat hajatan pernikahan. Setelah sore hari, mulai terjadi reaksi yang dialami warga dengan gejala mual, diare muntah-muntah. Semakin malam malah makin bertambah banyak.

“Ya, setelah banyak warga merasakan keluhan yang sama kemudian tim Medis Puskesmas membuka posko pengobatan di Putsu Wanasari,” kata Bripka Ujang Tarso, kepada lingkarpena.id, Senin (23/8/2021).

Baca juga:
25 Orang Warga Sukabumi Keracunan Massal Usai Resepsi di Hajatan

Dikatakan Ujang, sudah dilakukan pengambilan sample terkait kejadian keracunan massal untuk dilakukan lab terkait penyebab keracunan tersebut. Selain itu, menemui pihak penyelenggara hajatan dan meminta keterangan dari beberapa saksi terutama juru masak. Kasus keracunan massal Desa Wanasari kini ditangan pihak unit reskrim Polsek Surade.

“Kita sudah ambil sample makanan, bumbu makanan untuk di uji di labkesda. Penyebab keracunan belum kita pastikan dari apa? Hari ini sample sudah dikirim, dan kita kerja sama dengan pihak Puskesmas. Nanti kita tunggu hasilnya,” terangnya.

 

 

Redaksi: lingkarpena.id
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan