Warga yang mengalami keracunan mendapatkan penanganan medis Pustu Desa Wanasari Surade. [Foto: Farel]

Keracunan Massal di Surade Sukabumi, Diduga Ini Penyebabnya!

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, Kabupaten Sukabumi – Warga masyarakat Desa Wanasari Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi, mengalami keracunan massal Minggu (22/8/2021). Keracunan diduga dari makanan yang disantap warga disalah satu tempat pada acara hajatan di Kampung Sindanghayu, siang tadi.

Peristiwa keracunan diketahui sekitar pukul 20:00 WIB malam. Warga yang mengalami keracunan merasakan gejala kepala pusing-pusing dan muntah. Selanjutnya warga dievakuasi guna mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Pembantu, (Pustu) Surade, yang berada di Desa Wanasari.

Baca juga:
17 Orang Keracunan Massal di Cikembar Akibat Pindang Ikan Mas

Kepala Desa Wanasari Iwan membenarkan, kejadian yang menimpa warga masyarakat, bahwa telah terjadi keracunan massal yang diduga bersumber dari makanan yang dikonsumsi masyarakat di salah satu acara hajatan pada siang tadi. Saat ini warga yang mengalami gejala keracunan sudah mendapatkan pertolongan medis Pustu Desa Wanasari.

“Reaksi yang dialami warga terdapat pusing kepala dan muntah-muntah. Karena makin malam makin banyak, lalu kemudian kami menyimpulkan bahwa warga masyarakat keracunan makanan,” kata Iwan, kepada lingkarpena.id Minggu, (22/8/2021) malam, melalui sambungan teleponnya.

Baca juga:
25 Orang Warga Sukabumi Keracunan Massal Usai Resepsi di Hajatan

Dikatakan Kepala Desa, untuk jumlah warga yang mengalami keracunan massal ini tercatat ada 83 orang. Selanjutnya bagi warga yang sudah mendapatkan bantuan medis, sudah terlihat ada yang berangsur pulih kondisinya tidak lagi terdapat muntah-muntah seperti sebelumnya.

“Untuk jumlah belum bisa kami pastikan berapa orang. Ini baru tercatat ada 83 orang. Aparat desa masih melakukan pendataan terhadap masyarakat yang mengalami gejala seperti yang dialami warga lainnya. Yaa ini masih diduga, bahwa keracunan massal diakibatkan dari makanan yang mereka konsumsi di acara hajatan warga siang tadi,” terangnya.

Pihak jajaran kepolisian sektor Surade bersama tim kesehatan Puskesmas segera mengambil sampel makanan untuk dilakukan penelitian. Hal itu guna memastikan sumber penyebab keracunan massal yang dialami warga Desa Wanasari tersebut.

 

 

 

Redaksi: lingkarpena.id
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan