4 Wisata Religi di Purwakarta, Mengungkap Jejak Spiritual Ulama, Cocok Jadi Tempat Ngabuburit

Dok istimewa, Wisata religi di Purwakarta

LINGKAR PENA – Purwakarta,- sebuah kota yang menyimpan kekayaan akan warisan budaya dan spiritualitas, menjadi destinasi yang menarik bagi para pencari pengalaman wisata yang berbeda.

Selain terkenal dengan kelezatan sate Maranggi dan pesona alamnya yang memukau, Purwakarta juga memiliki beragam tempat wisata religi yang sering kali tersembunyi dari perhatian banyak orang.

Purwakarta, kota yang kaya akan sejarah dan budaya, juga menyimpan destinasi wisata religi yang menarik untuk dieksplorasi.

Di antara keindahan alam dan sejarahnya yang kaya, terdapat tempat-tempat suci yang memberikan pengalaman spiritual yang mendalam bagi para pengunjungnya.

Baca juga:  Pemkab Purwakarta Gencar Sosialisasikan Peraturan Cukai dan Pemberantasan Peredaran Rokok Ilegal

Berikut adalah destinasi wisata religi yang layak dikunjungi di Purwakarta:

1. Makam Eyang Pandita: Merentang di Bukit Pasanggrahan

Makam yang terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Purwakarta, menawarkan bukan hanya keindahan spiritual tetapi juga pemandangan yang menakjubkan.

Ditempatkan di atas bukit, pengunjung dapat menikmati panorama Gunung Burangrang serta keindahan alam sekitar yang memesona.

2. Makam Syekh Baing Yusuf: Warisan Spiritual Kota Purwakarta

Tidak jauh dari pusat pemerintahan, Makam Syekh Baing Yusuf di Kompleks Masjid Agung Baing Yusuf, Desa Cipaisan, Kecamatan Purwakarta, menjadi tempat ziarah yang terkenal.

Baca juga:  Kolaborasi Pemkab Purwakarta Bersama TNI Padukan Gempungan Dengan Program TMMD ke 113

Syekh Baing Yusuf, seorang tokoh berpengaruh dalam sejarah Islam Purwakarta, menjadikan tempat ini sebagai pusat spiritualitas bagi banyak orang.

Salah satu pengunjung sebut saja Arif mengatakan, berziarah ke Makam Syekh Baing Yusuf membuatnya merasa tenang dan damai.

“Ketika kami kesini, suasana hati jadi damai dan tenang, ini salah satu karomah dari Syekh Yusuf ya,” ujarnya.

3. Makam Mama Sempur: Sebuah Persembahan Kepada Sejarah

Di Desa Sempur, Kecamatan Plered, Purwakarta, terdapat makam Mama Sempur, yang juga merupakan tokoh penting dalam sejarah keislaman Purwakarta.

Baca juga:  RAPI dan PA SMA Negeri 1 Sagaranten Sukabumi Sisir Korban Hanyut di Sungai Cibubuay

Setiap akhir Dzulqa’dah, ribuan peziarah memadati tempat ini untuk merayakan haul dan mengenang warisan spiritual yang ditinggalkan oleh Mama Sempur.

4. Makam Dalem Gandasoli: Legenda Panglima Mataram yang Dilupakan

Tersembunyi di Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Makam Dalem Gandasoli mengisahkan kisah perjalanan seorang panglima Mataram yang berusaha melawan VOC.

Meskipun mungkin terlupakan oleh sebagian besar orang, tempat ini menyimpan warisan berharga dari masa lalu dalam bentuk alat dan pakaian yang tersimpan dengan baik hingga saat ini.

Pos terkait