Ada Apa? Wartawan Dilarang Meliput saat Pabrik Indoeskrim Cicurug Terbakar

Kondisi dalam ruangan PT Indoeskrim/ Indolakto Cicurug mengalami kebakaran.| foto: diman SuluhNusantaraNews

LINGKARPENA.ID | Kejadian tak mengenakan dialami beberapa wartawan yang hendak meliputi peristiwa kebakaran Pabrik Indoicekrim, di Kawasan PT. Indolakto, Cicurug Kabupaten Sukabumi, Kamis ( 20/06/2024 ).

Menurut informasi, beberapa para awak media yang hendak melakukan tugas jurnalistiknya dihalang halangi bahkan di usir pihak security.

Usep Suherman salah seorang wartawan yang akan meliput kejadian tersebut mengaku merasa kecewa atas perlakukan terhadapnya. Ia mengaku saat berada dilokasi, disuruh keluar oleh petugas security.

Baca juga:  Riuh, Jemaah Pingsan saat Shalat Idul Fitri

Menurut Usep, dirinya dilarang meliput kejadian walaupun sudah meminta ijin kepada pihak security, namun pihak perusahaan tetap melarangnya.

“Security meminta agar wartawan tidak meliput kejadian ini. Saya merasa tugas jurnalistik saya sudah dihalangi,” kata Usep.

Perusahaan terkesan tidak kooperatif. Awak media yang datang ke pabrik yang mengemas produk ice cream dihalangi bahkan diusir agar tidak meliput kejadian.

Sementara itu saat meminta informasi terhadap pihak pemadam kebakaran (Damkar) wilayah 3 pos Cicurug Kabupaten Sukabumi tidak mau memberikan keterangan terkait kejadian tersebut seolah ada menutupi informasi tersebut.

Baca juga:  Kebakaran Pabrik Pengovenan Kayu di Cisaat, Kerugian Ditaksir Rp300 Juta

“Langsung saja tanya ke pihak perusahaan, kami dari Damkar tidak bisa memberikan informasi terkait kejadian tersebut,” ungkap Hasan Basri petugas Damkar wilayah 3 pos Cicurug Kabupaten Sukabumi. Sampai berita ini di terbitkan Pihak perusahaan masih belum memberikan informasi.

Hal tersebut tentunya bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers (UU Pers) yakni pasal Pasal 18 ayat (1) UU Pers di mana menghalangi wartawan melaksanakan tugas.

Baca juga:  1 Rumah di Cicurug Terbakar, Api Diduga Berasal dari Tungku

Dilarangnya para awak media melakukan peliputan di lokasi terbakarnya Pabrik Indoicekrim Cicurug Kabupaten Sukabumi, membuat puluhan wartawan merasa aneh. Bahkan, di grup WhatsApp Forum Komunikasi Wartawan Sukabumi Bersatu ( FKWSB ) para wartawan terpantik untuk melakukan somasi.

Pos terkait