Antisipasi Dampak Pemanasan Global, Polres Sukabumi Tanam Ribuan Pohon

Sejumlah anggota Kepolisian dari Polres Sukabumi dan berbagai instansi saat melakukan penanman pohon.| Foto: Ndie

LINGKARPENA.ID | Ribuan jenis pohon keras dan buah buahan ditanam secara serentak di seluruh polsek Jajaran Polres Sukabumi, Polda Jabar, Rabu, 15 November 2023.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, melalui Kabag Ops Kompol Maryono Edi Suseno, mengatakan penanaman pohon yang dilaksanakan di sirkuit Manangel di Kampung Cikeong, Desa Cimanggu kecamatan Palabuhanratu dalam upaya mengurangi dampak pemanasan global dan perubahan iklim.

Sehingga, kepolisian resort Sukabumi berupaya bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui instansi terkait melakukan penanaman ribuan pohon berbagai jenis buah dan keras.

Baca juga:  Tolak Keberadaan Geng Motor, Komunitas Motor Deklarasi Dihadapan Kapolres Sukabumi

Dijelaskan Maryono penanaman ribuan bibit pohon merupakan program dari Polri dan Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang mencanangkan 10 juta penanaman.

Maryono mengatakan bahwa penanaman 2.000 pohon yang dilakukan oleh polres Sukabumi merupakan upaya untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penghijauan dengan menanam sebanyak 10 juta pohon.

“Di lokasi ini, sekitar 500 pohon ditanam di sekitar sirkuit Gunung Manangel, dan 1.500 pohon ditanam di polsek jajaran,” ujarnya.

Baca juga:  Jelang Nataru, Dinas PU dan Polres Sukabumi Kolaborasi Perbaiki Jalan Jajawai

Maryono menegaskan bahwa ke depannya jajaran kepolisian polres Sukabumi akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai unsur terkait, baik pemerintah daerah maupun komunitas lainnya dalam rangka program penghijauan.

“Tentunya dengan menanam pohon di area ataupun lahan yang gundul,” terangnya.

Sementara itu, pengelola sirkuit Manangel, Heri Agus Gunawan, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh jajaran kepolisian dalam hal ini polres Sukabumi, yang telah menanam ratusan pohon di sekitar kampung Cikeong.

Baca juga:  Polres Sukabumi Ungkap Pelaku Pencurian Motor dengan Kekerasan

Heri mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut sejalan dengan program penghijauan yang dilaksanakannya selama ini di sirkuit Manangel, dengan tujuan untuk mencegah dampak pemanasan global dan perubahan iklim.

Dia berharap bahwa kegiatan penanaman pohon dan penghijauan yang ditingkatkan kedepannya akan bermanfaat bagi masyarakat setempat serta dapat memajukan keberadaan sirkuit ini.

“Kami juga berterimakasih kepada kepolisian polres Sukabumi yang mensupport program ini,” singkatnya.

Pos terkait