Balawista Kabupaten Sukabumi Tambah Personel Amankan Libur Panjang

Tim Balawista saat melakukan pemantauan di salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Sukabumi.

LINGKARPENA.ID | Sambut libur panjang sekolah, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi siapkan langkah antisipasi cegah laka laut di kawasan objek wisata curug dan laut dengan menyiapkan sedikitnya 90 personel untuk berjaga di 27 Pos Balawista.

Menurut Kordinator Balawista Wilayah Barat, Dani Supirman, langkah antisipasi yang dilakukan personelnya tersebut dengan cara melakukan pengawasan dan pengamatan di 27 pos Balawista.

Baca juga:  Serentak, Polres Sukabumi Gelar Doa dan Khatam Al-Qur'an

Kegiatan itu diberlakukan mulai dari objek wisata yang ada di Ujung Genteng Kecamatan Ciracap hingga objek wisata Cibangban Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi.

“Kami menambahkan satu atau dua orang personel dari 27 pos pengawasan, kecuali tempat wisata curug tidak ada penambahan personel,” ujar Dani.

Kendati demikian, kata Dani, penambahan personel Balawista di 27 titik Pos tersebut tidak merata, dibagi menurut karegori kerawanan di lokasi wisata tersebut. Jika memang rawan seperti pantai karang hawu dirinya menempatkan 4-6 orang personel, hal itu sebagai upaya mencegahan terjadinya laka air di pantai.

Baca juga:  Tim SAR Temukan Mayat Korban Tenggelam di Pantai Tegalbuleud Sukabumi

“Bagi pos yang tidak terlalu rawan paling hanya 2-3 personil, mudah mudahan semua aman terkendali tidak ada laka laut. Ditambah, hari libur kemarin pun belum ada peningkatan yang signifikan untuk kunjungan wisatawan, diperkirakan sekitar 250-300 orang pengunjung dibeberapa lokasi,” tandasnya.

Pos terkait