Bangunan MD Al-Hidayah Memprihatinkan, Ini Jawaban Kasi Pontren Kab. Sukabumi 

LINGKARPENA.ID | Viralnya kondisi bangunan Madrasah Diniyah Al Hidayah Cilangkap Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi di media Sosial TikTok, memantik perhatian publik.

Madrasah Diniyah Al-Hidayah yang terletak di Kampung Ciburih RT 25/009, Desa Cilangkap Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, saat ini memiliki 53 orang santri, dengan 1 orang tenaga pengajar.

Sejak berdiri tahun 2009 hingga kini proses belajar mengajar dilakukan di bangunan bekas langgar, dengan kondisi yang memprihatinkan. Pembelajaran sendiri dibagi menjadi dua sesi. Siang untuk proses belajar MD dan malam untuk pengajian.

Baca juga:  STAI Al-Masturiyah Wisuda 105 Mahasiswa SI, Ini Kata Sekda

Dikatakan Suhendar (46), ia mengelola Madrasah Diniyah Al Hidayah ini sejak tahun 2009. Dan katanya, sampai hari ini belum pernah menerima bantuan atau sumbangan dari pemerintah, kecuali bantuan dari warga sekitar.

“Kami tidak menerima gaji, untuk biaya kadang dibantu warga. Ada empat anak yatim di madrasah ini. Kami sangat butuh bantuan pemerintah terutama mengenai bangunan. Kalau hujan, kami sangat terganggu. Kadang tidak belajar karena ruangan banyak air,” kata Suhendar.

Baca juga:  Implementasikan Program Kemendikbudristek, SMP PGRI 3 Kota Sukabumi Gelar In House Training Selama 6 Hari

Sementara Kepala Desa Cilangkap, Mista, membenarkan adanya Madrasah Diniyah yang melakukan pembelajaran di bangunan bekas langgar. Katanya, hingga saat ini pihak pengelola belum pernah mengajukan bantuan ke pemerintah.

“Setahu saya, karena saya baru sebagai kades, saya baru tahu sekarang kalau pihak pengelola belum pernah mengajukan bantuan ke pemerintah,” jelas Mista.

Dikesempatan lain, Kepala Seksi Pontren Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, Henda Pribadi mengatakan, pihaknya menaruh perhatian lebih kepada masalah ini. Diakuinya dia sudah menghubungi pihak BAZNAS Kabupaten Sukabumi dan bersedia memberikan bantuan.

Baca juga:  Mochamad Lutfi Nawawi, Siswa SDN Asal Kota Sukabumi Persembahkan Medali di O2SN Jabar

“Bahkan saya juga menghubungi bapak Wakil Bupati, Insyaallah Beliau akan memberikan bantuan juga,” ungkap Henda kepada lingkar pena.id, Rabu (13/3/2024).

Viralnya video MD Al- Hidayah di media sosial TikTok yang diupload akun Jampangpeduli (Jampe) membuat reaksi masyarakat Kampung Ciburih serempak mengucapkan terima kasih.

Pos terkait