Bupati Jadi Inspektur di Peringatan Hari Bela Negara ke 75

LINGKARPENA.ID | Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bela Negara ke-75 tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2023, di Alun-alun Palabuhanratu, Selasa, 19 Desember 2023.

Kapten ARM Suhermanto sebagai Komandan Upacara, Lettu Inf. Yepri Susanto sebagai Perwira Upacara, dan Eko Endartono sebagai pembaca Ikrar Bela Negara.

Dalam kesempatan tersebut, Marwan membacakan amanat Presiden RI, yang menekankan bahwa Bela Negara sebagai pilar utama untuk membentuk jiwa yang tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, melainkan juga memerlukan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

Baca juga:  Bupati Sukabumi Ikuti Rakor Inflasi 2023 dengan Kemendagri

“Bela Negara di Indonesia tidak hanya terbatas pada aspek militer, tetapi harus melibatkan semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Cinta terhadap Pancasila dan NKRI adalah wujud konkret bela negara,” ujarnya.

Ditekankan pula bahwa tantangan masa depan, baik ancaman fisik maupun tak kasat mata seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim, telah membawa dampak dan risiko terhadap ketahanan negara.

Baca juga:  Bupati Sukabumi Sampaikan Pendapat Akhir Atas Dua Rapeda Pada Rapat Paripurna DPRD

Pada momentum peringatan HBN ke-75 ini, Bupati mengajak masyarakat Indonesia untuk membangkitkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

“Hari Bela Negara ini merupakan kesempatan bagi kita untuk bersatu dan memberikan kontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan. Mari kobarkan semangat bela negara untuk Indonesia maju,” tambahnya.

Setelah membacakan sambutan Presiden, Bupati mendorong seluruh elemen masyarakat untuk proaktif melakukan telaahan tentang bela negara, termasuk kondisi global, ekonomi, dan aspek lainnya.

“Dengan hal ini, seluruh stakeholder dapat bersama-sama memahami beberapa aspek tentang bela negara. Instrumen bela negara tidak hanya berada di tangan unsur TNI Polri, melainkan juga melibatkan peran aktif masyarakat,” paparnya.

Baca juga:  Langkah Kaki Pertama Menteri BUMN, Temui Ulama di Sukabumi

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo, menambahkan bahwa sebagai warga negara Indonesia, kewajiban kita adalah membela negara melalui pendekatan profesional di bidang masing-masing, sebagai bentuk kontribusi terbaik untuk bangsa dan negara.

“Profesionalisme dalam bidang masing-masing adalah wujud konkret bela negara terhadap tanah air,” tegasnya.

Pos terkait