Bupati Marwan Terima Audensi Komisaris Beserta Direksi PT Gaci Tawarkan Kerjasama Bidang Hortikultura

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat bersama Direksi PT Gaci usai melakukan kerjasama.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menerima audiensi Komisaris dan direksi PT Global Agriculture Cooperation Indonesia (GACI) perihal kerjasama bidang hortikultura di Kabupaten Sukabumi. Audiensi dilakukan di Pendopo Palabuhanratu, Jumat, (07/072023).

“Pertanian merupakan potensi prioritas Kabupaten Sukabumi, oleh karena itu adanya penawaran kerjasama yang dilakukan PT GACI bisa merubah anak muda untuk menguasai sektor pertanian, Ini adalah keyakinan bagi kami karena PT. Gaci bisa membantu kehidupan para petani di Kabupaten Sukabumi,” kata Bupati Marwan.

Selain itu lanjut Marwan, potensi pertanian di Sukabumi bisa diharapkan apabila terus dikembangkan, maka dari itu kehadiran PT GACI di Kabupaten Sukabumi akan sangat membantu kehidupan para petani di Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:  Guru Eko Mendapatkan Penghargaan Top News Maker dari PWI

“Mudah-mudahan potensi ini bisa dikembangkan secara bersama-sama agar hortikultura Sukabumi bisa mendunia,” tandasnya.

Ditempat yang sama Komisaris PT GACI, dokter Lee Pai Poo, menjelaskan bahwa Kabupaten Sukabumi memiliki lokasi strategis untuk mengembangkan pertanian di bidang hortikultura karena memiliki kultur tanah yang sangat subur dan suhu cuaca yang cukup baik.

“Kabupaten Sukabumi ini apabila dilakukan kerjasama investasi produksi sayur-sayuran untuk ekspor pasar domestik sangat cocok. Oleh karena itu, PT GACI siap bekerjasama di Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Lee Pai Poo menyampaikan bahwa pihaknya akan menjadikan Kabupaten Sukabumi sebagai lokasi investasi unggulan hortikultura selain Jatim, Jateng, dan Bandung. Untuk sistem produksi hortikultura di Kabupaten Sukabumi, PT GACI akan memberdayakan koperasi petani untuk dikerjasamakan.

Baca juga:  Ini Sosok Ujang dan Peranannya di UPTD PU Nagrak Kabupaten Sukabumi 

“Dari hasil panen sayuran ini nanti akan diproses di pabrik yang ada di Sukabumi juga, selanjutnya akan dikirim ke minimarket atau diekspor ke luar,” bebernya.

Jenis pertanian hortikultura yang akan dikembangkan PT GACI di Sukabumi, sambung Lee, adalah asparagus hijau, brokoli, sayuran oriental, kacang manis, kecambah kacang, sayuran organik, dan bawang putih. Adapun target produksi pada tahun pertama adalah selada dan asparagus.

Baca juga:  Festival Kuliner, Bupati Marwan: Ajang Promosi Pengenalan Produk UMKM

“Untuk lokasi pengembangan sayur-sayuran ini, rencananya akan di kawasan Goalpara dan Puncak Manis,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sry Hastuti Harahap, menambahkan bahwa Kabupaten Sukabumi memiliki lokasi yang pas untuk dikembangkan pada sektor pertanian, selain lahan pribadi juga ada beberapa potensi lahan yang bisa dikerjasamakan.

“Tidak hanya pengembangan Hortikultura, PT GACI pun berperan membantu petani Kabupaten Sukabumi dalam pemasaran, pembinaan, dan sebagainya,” tuturnya.

Wilayah Kabupaten Sukabumi yang memiliki lahan-lahan perkebunan yang hari ini lahannya ada penyisihan bisa untuk dikerjasamakan,” singkat Sry Hastuti. (*)

Pos terkait