Bupati Sampaikan Nota Pengantar Raperda RPJMD Kab Sukabimi 2025-2045 di Rapat Paripurna

FOTO: Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri mewakili Bupati Sukabumi saat menyampaikan penyampaikan nota pengantar Bupati mengenai Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah ( RPJPD ) Kabupaten Sukabumi 2025 - 2045.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi dalam rangka penyampaikan nota pengantar Bupati mengenai Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah ( RPJPD ) Kabupaten Sukabumi 2025 – 2045 digelar di Gedung Utama DPRD, Senin (27/05).

Dalam kesempatan itu turut hadir Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mewakili Bupati Sukabumi. Rapat tersebut berlangsung di ruang rapat DPRD Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:  Bupati Sukabumi Buka Diklat Kepemimpinan Administrator Angkatan 1 Tahun 2023

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wabup, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menyampaikan, Penyusunan RPJPD merupakan agenda dua puluh tahunan.

Dalam penyampaiannya kata Wabup, RPJMD bertujuan untuk merumuskan visi misi, arah kebijakan dan sasaran pokok daerah selama dua puluh tahun kedepan.

Berdasarkan Faktor Internal dan Eksternal dirumuskan permasalahan dan isu strategis selama dua puluh tahun kedepan yang dijabarkan melalui perumusan 1 visi dan 8 misi, 17 arah kebijakan serta sasaran pokok daerah dengan 45 indikator pembangunan.

Baca juga:  Enam Program Skala Prioritas RPJMD Diseminasi Keputusan Bupati Tim Akselerasi Proyek 2021-2026

Pada tahun ini Pemerintah pusat menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 20245. RPJPN tersebut menjadi Pedoman Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah sebagaimana disebutkan dalam Permendagri nomor 86 Tahun 2017 tentang RPJPD.

“RPJPN 2025-2045 menjadi Pedoman dalam Penyusunan RPJPD Provinsi, Kabupaten, dan Kota tahun 2025-2045. Visi Indonesia Emas 2045 yang termuat dalam RPJPN harus selaras dengan Visi RPJPD guna mencapai tujuan bersama bangsa,” katanya.

Baca juga:  Roasting, Wabup Minta Ketua TPPS Identifikasi Kendala Penanganan Stunting di Wilayah

Penyusunan Raperda RPJPD ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu Bupati berharap masing-masing fraksi DPRD memberikan sumbang saran, pandangan, koreksi dan penyempurnaan Raperda tersebut.

Pos terkait