DPMD: Deklarasi Damai untuk Menjaga Komitmen Para Calon Kades

Seklarasi Damai calon kades yang digelar DMPD turut disaksikan sejumlah Forkopimda Kabupaten Sukabumi.| Ndie

LINGKARPENA.ID | Kepala dinas DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) Gun Gun Gunardi angkat bicara dengan adanya kegiatan deklarasi damai di alun alun Palabuhanratu yang diinisiasi polres Sukabumi.

Menurut Gun Gun Gunardi, deklarasi damai yang dilaksanakan ratusan calon kepala desa tersebut sebagai bentuk menjaga komitmen yang telah disepakati bersama saat pelaksanaan bimbingan teknis yang diberikan DPMD beberapa waktu lalu.

Untuk itu Gun Gun, berharap dalam pelaksanaan pilkades serentah tahun 2023 di kabupaten Sukabumi dengan tema yang di gembor gemborkan DPMD yakni Jurdil Adam (Jujur, Adil, Aman dan Damai dapat berjalan sesuai harapan semua pihak.

“Jadi jargon ini kita pilih, supaya dalam penyelenggaraan terpelihara situasi situasi yang kondusif,” ujar Gun Gun.

Baca juga:  Inisiasi Deklarasi Damai Jelang Pilkades Serentak 2023, Ini Harapan Kapolres Sukabumi

Dijelaskan Gun Gun, pelaksanaan pilkades serentak kali ini merupakan pesta rakyat sehingga harus dinikmati oleh semua, namun begitu tetap harus menurutnya yang paling penting terpilihnya kepala desa yang berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat.

“Intinya semua harus saling menghormati. Poin point deklarasi yang telah disepakati diformulasikan untuk mencipatkan situasi yang kondusif dilingkungan masyarakat,” jelasnya.

“Dekalari damai Ini bagian penting dalam rangka komitmen, sebenarmya mereka ini sudah dilakukan bimbingan teknis didalamnya untuk menjaga komitmen bersama, sudah mereka lakukan terakhir kemarin,” imbuhnya.

Masih kata Gun Gun, hal itu sebenarnya telah dilakukan sesaat ratusan calon kepala desa tersebut pasca penetapan dari bacalon ke calon, yang dilakukan secara marton

Baca juga:  Staf Ahli Bupati Sukabumi Bersama OPD, Gelar Raker Gabungan Bahas Revitalisasi Pengelolaan Pariwisata

“Jadi bintek pembekalan kepada calon tim pendukung juga dilakukan, kemudian disitu ada panitia, pengawas dan diketahui oleh forkompimcam, jadi secara prosedural kita lakukan bertahap,” bebernya.

Lanjut, Gun Gun karena bagaimanapun komitmen bersama harus ada dan sudah merupakan suatu kegiatan yang sifatnya dilakukan secara menyeluruh para calon kepala desa yang akan melaksanakan pilkades serentak se kabupaten Sukabumi.

“Komitmen ini harus menjadi satu semangat bersama dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif untuk Sukabumi tentunya,” terangnya.

Adapun untuk sanksi, kata Gun Gun lagi jika ada calon yang melanggar hal itu sudah disepakati dan proses tersebut sudah tertuang dalam berita acara yang telah di tandatangani ratusan calon kepala desa pada saat bimbingan teknis yang diberikan jajaran DPMD.

Baca juga:  Genap 100 Hari Program "Aa Dede Curhat Dong" Kapolres Sukabumi dapat Penghargaan dari Lemkapi

“Jadi kemarin itu untuk menegaskan kembali komitmen, saya sampaikan pada saat itu, komitmen mereka untuk menciptakan pilkades serentak siklus ke 2 gelombang ke 2 tahun 2023 itu jujur, adil, aman dan damai,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 71 desa dengan 276 calon kepala desa dari 28 kecamatan se kabupaten Sukabumi melaksanakan deklarasi damai yang di inisiasi jajaran kepolisian dalam hal ini Polres Sukabumi di alun alun Palabuhanratu.

Pos terkait