Kasdim 0607 Apresiasi Persiapan Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kota Sukabumi

Rapat Koordinasi pemberangkatan calon jemaah haji Kota Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0607 Kota Sukabumi turut menghadiri rapat koordinasi (Rakor) persiapan pemberangkatan calon jemaah haji Kota Sukabumi. Acara tersebut digelar di OP room Balai Kota Sukabumi, Rabu 8 Mei 2024.

Rakor yang dihadiri sejumlah Forkopimda Kota Sukabumi tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Kementerian Kota Sukabumi (Kemenag) H. Samsul Puad.

Dalam penyampaiannya Kemenag mengatakan, untuk kuota jemaah haji Kota Sukabumi pada tahun 2024 ini Kota Sukabumi pun mendapat kuota tambahan dengan beberapa daerah di Jawa Barat.

“Untuk Tahun 2024 ini Alhamdulillah Kota Sukabumi mendapat tambahan kuota. Tahun sebelumnya kuota hanya 256 orang. Kini menjadi 337 orang ( terbanyak). Kuota ini dibagi 4 daerah. Untuk Kabupaten Pangandaran 47 orang, Kota Banjar 69 orang dan kota Cirebon 72 orang,” singkat Kemenag.

Baca juga:  Ratusan Jemaah Haji Asal Kota Sukabumi Tiba dan Disambut Wali Kota

Sementara itu Letkol Inf Suntoro ( Kasdim 0607/kota Sukabumi) yang mewakili Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Yudhi Hariyanto,S.Hub,Int. menyampaikan apresiasinya, bahwa untuk tahun ini kuota untuk Jama’ah Haji Kota Sukabumi bertambah dan cukup signifikan.

“Ya mengingat calon jemaah haji pada tahun ini cukup besar, kami juga menawarkan fasilitas Kodim untuk digunakan jika berkenan dan diperlukan. Iya untuk fasilitas parkir luas dan bisa menampung,” ujar Kasdim.

Kasdim menambahkan, mekanisme pemberangkatan dan kedatangan sesuai ketentuan edaran kepdirjen Phu no 1 tahun 2024. Seremoni keberangkatan dan kedatangan di tingkat kota Sukabumi, embarkasi dan saat kedatangan dan keberangkatan di arab saudi hanya dilaksanakan kloter pertama.

Baca juga:  Bupati Marwan Hadiri Rakor Dewan Pendidikan, K3S dan MKKS Berperan Wujudkan Visi Kab Sukabumi

“Ya tentunya ini untuk meminimalisir seremoni keberangkatan dan kedatangan di kota Sukabumi,” tambahnya.

Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada pun apresiasi atas tambahan kuota haji bagi Kota Sukabumi. Menurutnya ada rasa gembira karena ada penambahan kuota ini.

“Tentunya ini hasil kordinasi dan evaluasi, sehingga kota sukabumi ada penambahan kuota yang signifikan. Tahun lalu jemaah kota memberangkatkan 256 orang dan Tahun 2024 ini 374 orang,” terang Dida.

Sekda juga dalam hal ini sangat mengapresiasi langkah dan kinerja Kemenag Kota Sukabumi. Tentunya keberhasilan ini dibalik kepala kemenag sudah persiapan sehingga mencapai keberhasilan didapat.

“Pemerintah menyiapkan 10 Bus untuk pemberangkatan jemaah haji tahun 2024 ini. Soal tempat yang ideal untuk pemberangkatan nanti dievaluasi bersama. Ya kita ingin mana yang lebih baik untuk pemberangkatan jama’ah haji nanti,” .

Baca juga:  Wali Kota Sukabumi Bareng Danrem 061 Surken, Laksanakan Jumat Keliling

Ada 2 alternatif tempat pemberangkatan jemaah haji kota Sukabumi. Pertama di Setukpa polri dan di halaman balai kota Sukabumi. Pemberangkatan jemaah haji akan dilaksanakan pada tanggal 27 mei 2024 pukul 02.00 wib dan jemaah berangkat dari kota menuju Embarkasi.

Rakor yang digelar dihadiri, Dida sembada (Sekda kota Sukabumi), Letkol Inf.Suntoro (Kasdim 0607/Kota Sukabumi), Kompol Deden (Kabag Ops Polres Sukabumi Kota), H Samsul Puad (Kepala kementerian agama kota Sukabumi), Damanhuri (perwakilan BAZNAS), Indra ( perwakilan Satpol pp ), Hexa (perwakilan Po. Nuansa Ilham ).**

Pos terkait