Disperkim Awali Pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi

Pmbangunan Tugu titik nol kilometer Kabupaten Sukabumi dimulai.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Disperkim (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman) mulai melaksanakan penataan terhadap area lokasi yang akan dibangun tugu nol Kilometer Kabupaten Sukabumi di sekitar alun-alun Palabuhanratu.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu dinas Perkim bersama Diskominfosan (Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian) telah melakukan pembongkaran terhadap video tron di lokasi yang akan dibangun titik nol KM Kabupaten Sukabumi.

Seluruh kegiatan tersebut, menurut Sekretaris Dinas Perkim Herdiawan Waryadi, dilaksanakan oleh penyedia jasa atau pihak ketiga bersama-sama dengan Disperkim dan Diskominfosan.

Baca juga:  Menko PMK Pimpin Sidang Dewan Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN ke-29

“Pembongkaran dilakukan dalam rangka ya itu tadi, penataan alun-alun Palabuhanratu,” ujar Herdiawan kepada wartawan.

Selanjutnya, nantinya kata Herdiawan, di lokasi tersebut akan dibangun tugu nol KM, seperti yang telah dicanangkan sebelumnya oleh Bupati Marwan Hamami.

Dijelaskan oleh Herdiawan, pelaksanaan kegiatan di alun-alun Palabuhanratu dengan pembangunan tugu titik nol KM Kabupaten Sukabumi juga sebagai persiapan penunjang kegiatan Healthy Cities Summit Kabupaten, Kota Sehat se-Indonesia tahun 2024 bulan Juni nanti di Palabuhanratu.

Baca juga:  Sekda Ade, Gelar Rapat Evaluasi P2WKSS di Sukaraja

Untuk itu, Herdiawan berharap, nantinya semua fasilitas umum, sebagai penunjang dari taman ruang terbuka hijau ataupun alun-alun Palabuhanratu dapat dijaga dan dirawat secara bersama-sama oleh masyarakat serta pemerintah daerah, agar keberadaan sarana penunjang tersebut awet tidak cepat rusak.

“Fasilitas umum harus dijaga dengan baik. Itu merupakan tanggung jawab semua pihak. Ya baik dalam hal kebersihan, estetika dan kenyamanannya agar semua fasilitas umum tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat,” jelasnya.

Baca juga:  BNPB dan BPBD Provinsi Gelar Mitigasi Bencana Tsunami di Objek Wisata Batu Bintang Palabuhanratu

Sementara itu, pantauan lapangan saat ini menunjukkan kondisi pengerjaan saat ini tengah dilakukan pembongkaran ataupun penataan disekitar lokasi yang akan dibangun titik nol KM Kabupaten Sukabumi. Pengerjaan sendiri dilakukan pihak ketiga dalam hal ini CV. Dian Karya Cipta dengan menggunakan anggaran sekitar Rp 571.996.888,45,- dan pelaksanaan 90 hari kalender.

Pos terkait