Ketua DPRD : Jika MPLS Tidak Siap, Jangan Dilaksanakan

Ketua DPRD saat di wawancarai awak media.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara angkat bicara terkait meninggalnya salah satu pelajar SMPN di Ciambar seusai mengikuti MPLS pada Sabtu, (22/7/2023) lalu.

Diketahui korban diduga meninggal dunia saat sedang mengikuti kegiatan MPLS di sungai Cileleui Kampung Sela Awi Girang Desa Bunarjaya Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi.

Yudha mengucapkan bela sungkawa dan turut berduka cita atas meninggalnya korban berinisial MA (13), Ia meminta sekolah sekolah yang menyelenggarakan MPLS agar panitianya bisa betul-betul safety supaya tidak ada kelalaian dan lain-lain.

Baca juga:  Imbas Mogok Angkutan, Puluhan Penumpang Terlantar Polisi Ambil Langkah

“Peserta MPLS harus dicek betul-betul dalam kondisi yang sehat, mendapat persiapan dari P3K dan sebagainya, panitia pun harus dipersiapkan, intinya harus betul-betul siap supaya tidak terjadi (Kecelakaan- red),” kata Yudha.

“Kalau dari sisi hukum kami serahkan kepada pihak kepolisian, kalau misalnya memang ada kelalaian atau ada hal-hal yang dirasa melanggar hukum, mangga kami serahkan kepada pihak penegak hukum,” sambung Ketua DPRD ini.

Baca juga:  Ratusan Panwaslu Kecamatan Dilantik, Ini Pesan Bupati Sukabumi

Yudha secara tidak langsung mendukung kegiatan kegiatan dalam MPLS, jika hal itu memang ada dalam materi, namun begitu panitia tetap harus memperhatikan keselamatan para peserta, artinya dalam pengawasan tidak asal – asalan.

Menurutnya, keamanannya harus betul-betul dan juga kesiapan dari kepanitiannya. Kalau memang bisa dilaksanakan atau tidak, kembalikan juga kepada penyelenggaranya, jadi jangan sampai sesuatu yang dirasa belum siap dilaksanakan dengan tidak kesiapan.

“Intinya bahwa hal itu harus dipersiapkan betul-betul matang kalau memang kegiatan itu mau dilaksanakan, dari segi safety dan segala macamnya. Kalau memang tidak siap dari segi safety dan segalam macamnya, itu jangan dilaksanakan,” tegasnya.

Baca juga:  Baznas Award 2022, Bupati: Begitu Kontributif Terhadap Pembangunan di Kabupaten Sukabumi

Lanjut Yudha, dalam setiap kegiatan dalam MPLS menurutnya perlu adanya pemantauan ataupun harus sepengetahuan dari Dinas Pendidikan untuk betul-betul mempunyai atau membuat sebuah persyaratan dan aturan.

“Apabila memang bisa untuk melaksanakan kegiatan tersebut laksanakan, kalau tidak jangan memaksakan,” tutupnya.

Pos terkait