Inilah fakta kerusakan di ruas Jalan Provinsi di Jalan Merdeka dan Proklamasi, Kelurahan Cikundul, Lembursitu, Kota Sukabumi. [Foto: Asep PP]

Kubangan di Ruas Jalan Provinsi, Jalan Merdeka dan Proklamasi Cikundul Kota Sukabumi, Sering Sebabkan Kecelakaan

KOTA SUKABUMI PERISTIWA

Lingkarpena.id, SUKABUMI KOTA – Kubangan jalan menganga kerap menyebabkan kecelakaan bagi pengguna jalan khususnya pengendara motor ‘roda dua’. Itu terdapat di ruas Jalan Provinsi di Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi akhir-akhir ini.

Kubangan itu, sudah lama terjadi dan hingga saat ini belum terlihat adanya pemeliharaan dari dinas terkait. Mengingat sering banyak yang terjebak kecelakaan dikhawatirkan akan banyak memakan korban jika tidak segera diperbaiki.

Ruas jalan Provinsi mulai dari Baros hingga Cipanengah, Lembursitu, merupakan kewenangan dinas PU Provinsi. Diketahui, beberapa tahun ke belakang Jalan Merdeka dan Jalan Proklamasi itu sudah diserahterimakan oleh pemerintah Kota Sukabumi dalam pemeliharaan dan perbaikannya kepada PU Provinsi.

Baca juga:  Warga Gunakan Perahu Lewati Ruas Jalan Sagaranten-Tegalbuleud, Air Masih Diketinggian 60 CM

“Kubangan jalan ini sering menyebabkan kecelakaan. Coba PU segera diperbaiki jangan menunggu kecelakaan terjadi. Mungkin ada biaya pemeliharaan untuk jalan ini,” ucap Asep, yang juga sebagai Ketua Ranting Pemuda Pancasila Kelurahan Cikundul, kepada lingkarpena.id, Sabtu (06/11) mengutarakan.

Dikatakan Asep, pada kubangan jalan yang ada di perbatasan RW 07 dan 06 Cipanas itu, sering menelan korban. Ditambah lagi kubangan jalan cukup dalam sehingga kendaraan langsung oleng saat terjebak masuk kubangan itu.

“Iya, kubangannya sangat dalam. Kadang pengendara terjatuh dan itu sering terjadi, apalagi di musim hujan jalan tidak terlihat jelas. Banyak pengendara yang terjebak masuk kubangan,” terangnya.

Baca juga:  Kebakaran Hebat Pabrik Pupuk di Cikembar, Sumber Api Belum Diketahui

Asep berharap, pemerintah terkait khususnya PU yang membidangi jalan Provinsi ini segera melakukan pemeliharaan. Dikhawatirkan akan terus memakan korban jika tidak segera diperbaiki secepatnya.

“Ya, kalaupun tidak ada korban jiwa, setidaknya mereka yang jatuh mengalami luka-luka dan terdapat kerusakan pada kendaraan. Saya lihat untuk jalan Merdeka di Kelurahan Cipanengah sudah ada pemeliharaan. Kenapa Cikundul belum ada pemeliharaan?,” tanya Ketua Ranting PP Kelurahan Cikundul itu.

Dikatakan Asep, kubangan jalan di Jalan Provinsi di jalan Merdeka dan Proklamasi ini, jika dihitung cukup banyak. Namun, dia berharap paling tidak PU bisa meminimalisir untuk tingkat kerusakan yang cukup parah yang diperbaiki.

Baca juga:  Pedagang Kawasan Dago Dilarang Jualan Sementara Pasca Ditemukan 2 Orang Positif Covid-19

“Ya, jika anggaran pemeliharaan devisit, paling tidak titik-titik yang rawan akan terjadi kecelakaan bisa diminimalisir lah. Saya yakin anggaran itu ada. Tapi kapan mau direalisasikan. Masyarakat tidak menuntut jalan semua diperbaiki, tapi dipelihara. Kan ada anggaran pemeliharaan jalan ini,” cetusnya.

Hingga berita ini ditayangkan pihak PU Binamarga Provinsi belum bisa dihubungi, terkait kesiapan dan kapan dilakukan peningkatan pemeliharaan Jalan Proklamasi dan Jalan Merdeka.

 

Redaksi: Lingkarpena.id
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan