Longsor di Kecamatan Caringin Putus Jalan Lingkungan

Longsor menggerus TPT sehingga akses jalan lingkungan terputus di Desa Sukamulya Kecamatan Caringin.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID – Cuaca ekstrem akhir-akhir ini menyebabkan bencana alam terjadi dibeberapa titik lokasi di Kabupaten Sukabumi. Bencana alam yang terjadi dari mulai banjir, angin kencang dan longsor.

Seperti yang terjadi di kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi longsor membuat Tembok Penahan Tanah (TPT) ambrol. Longsor tersebut sehingga memutus akses jalan lingkungan warga masyarakat di Desa Sukamulya Kecamatan Caringin.

Baca juga:  Tiga Bencana Terjadi di Jampang Tengah

Berdasarkan laporan petugas penanggulangan bencana kecamatan (P2BK) Caringin, yang disampaikan Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani mengatakan, longsor disebabkan hujan deras yang terjadi pada Sabtu sore dikawasan tersebut.

“Hujan cukup deras sehingga air meluap dan menyebabkan TPT ambrol. Akibatnya jalan lingkungan terputus tergerus longsor,” jelas Anita dalam keterangan tertulisnya kepada awak media.

Baca juga:  Langganan Longsor, Warga Cibuntu Simpenan Minta Dibangunkan TPT

Peristiwa lobgsor terjadi pada Minggu 8 Mei 2022 sekitar pukul 05.00 waktu setempat. Berdasarkan pantauan pihak P2BK di lapangan, longsor diprediksi dengan ukuran panjang 8 meter, tinggi 4 meter dan lebar 2 meter.

“Bencana longsor ini tepatnya di Kampung Ciheulang Girang RT. 07/03 Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin. Akibat terputusnya akses jalan ini, masyarakat sulit menuju Masjid dan Kampung lainnya,” tambahnya.

Pos terkait