Mahasiswa Unlip Sukabumi Kunjungi Pimprus Lingkar Pena, Siap Gelar Sekolah Jurnalistik

FOTO: Sejumlah mahasiswa Unlip Sukabumi saat berfoto bersama dengan Kang Aris Wanto di kediamannya.| Istimewa

LINGKARPENA. ID | Mahasiswa turut berperan besar dalam membangun sebuah peradaban dunia. Tapi zaman sudah berbeda dan perjuangan mahasiswa untuk menjadi agen perubahan dalam menyuarakan kebenaran bukan hanya turun kejalan saja.

Mahasiswa adalah salah satu agen perubahan yang penting dalam membangun peradaban bangsa. Dalam usahanya, mereka memiliki potensi besar untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat dan berkontribusi pada pembangunan nasional.

Selain itu Mahasiswa juga adalah calon pemimpin masa depan yang akan membawa perubahan positif dalam berbagai bidang. Melalui pendidikan yang mereka terima, siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan dan wawasan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif dan inovatif.

Mereka berkesempatan untuk mengembangkan pemikiran kritis, nilai-nilai kepemimpinan dan pemahaman tentang isu-isu penting yang dihadapi oleh bangsa ini. Dengan membawa nilai-nilai integritas, etika dan keadilan, pelajar dapat menjadi agen perubahan yang membawa peradaban bangsa ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca juga:  Hari Bambu Nasional, Sekda Minta Komunitas Bambu Sukabumi Kolaborasi

Mahasiswa seringkali terlibat dalam gerakan sosial yang bertujuan untuk mencapai perubahan positif dalam masyarakat. Dalam tujuannya mereka memperjuangkan hak asasi manusia, keadilan sosial, kesetaraan gender, lingkungan hidup dan isu-isu penting lainnya.

Dengan kedatangan para Mahasiswa Unlip Sukabumi ini disambut baik oleh Kang Aris. Kedatangan mereka untuk bersilaturahmi ke kediamannya diterima lebar. Bahkan Kang Aris siap membantu untuk kelancaran acara sekoah Jurnalistik yang digagas.

Menurut Kang Aris, Jurnalistik adalah sebagai edukator masyarakat atau simplenya sebagai pendidik. Dalam hal ini, jurnalistik memiliki tanggung jawab untuk menyajikan informasi yang memiliki nilai edukatif dan memberikan manfaat, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan kualitas hidup bagi masyarakat.

Baca juga:  Lapas Sukabumi Lakukan Pembinaan Jasmani bagi Petugas Pemasyarakatan

“Memang, untuk berkarir di bidang Jurnalistik dan menjadi seorang Jurnalis tentu diperlukan bekal ilmu yang matang. Terkhusus, aspek Jurnalistik yang sangat penting untuk diperhatikan seperti Kode Etik Jurnalisme, Elemen Jurnalisme, bentuk jurnalisme berdasarkan jenis media, bahasa jurnalisme, atau bahkan aspek di balik layar seperti proses produksi benar-benar membutuhkan bekal ilmu sesuai standar komunikasi,” terang Kang Aris, dikediamannya di Kelurahan Cikundul, Lembursitu, Kota Sukabumi, Senin (3/6) malam.

“Apalagi Jurnalistik di Ranah Lingkungan, nilainya sangat tinggi, ini bukan hanya sebagai minat bakat para mahasiswa saja, tapi juga untuk menjunjung salah satu tridarma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat,” imbuh Kang Aris.

Lanjut Kang Aris, dalam ranah Jurnalistik, peran utamanya adalah sebagai penyampai informasi melalui berbagai bentuk karya, termasuk berita, feature, reportase, serta jenis karya jurnalistik lainnya.

Baca juga:  PWI Sukabumi Jalin MoU dengan Garment PT Dasan Pan Pacific Indonesia

Namun, peran ini tidak hanya terbatas pada penyajian berita semata, melainkan juga merangkum pemikiran, gagasan, ide, atau pendapat yang memiliki value dan relevansi, serta pantas untuk disebarluaskan kepada khalayak luas.

Dalam pertemuan itu para Mahasiswa Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi ini meminta Kang Aris untuk menjadi sebagai moderator dalam pelatihan Jurnalistik yang akan diadakan pada pertengahan bulan Juni nanti.

“Pelatihan Jurnalistik bagi mahasiswa ini sangat penting ya, karena mereka ini bisa menjadi penyambung lidah masyarakat dan dituntut untuk bisa menyebarkan kebenaran misalnya lewat berita sebagai sarana media informasi, leterasi dan edukasi untuk masyarakat,” pungkasnya.

Pos terkait