Pantai Cisaar Ciemas Spot Mancing Potensial

FOTO: Spot mancing di Pantai Cisaar, Desa Girimukti Kecamatan Ciemas Sukabumi. Lokasi ini memiliki spot mancing yang sangat potensial.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata dengan koleksi air terjun yang sangat menawan. Akan tetapi juga memiliki hamparan pantai indah alami dan menjadi habitat ikan potensial. Salah satunya adalah perairan, Pantai Cisaar.

Pantai Cisaar terletak di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Pantai tersebut menjadi spot favorit bagi para pemancing, karena memiliki banyak titik habitat ikan. Hal itu ditandai banyaknya bagan yang dibangun di sana.

Para pemancing yang datang, baik lokal atau dari luar kota pernah merasakan sensasi strike saat umpan disambar ikan di spot mancing Pantai Cisaar. Beberapa jenis ikan yang kerap di dapat pemancing di spot itu seperti ikan kakap, ikan Tengkek, ikan sembilang dan ikan kakap putih.

Baca juga:  Muara Cipamarangan Surade Sukabumi Perlu Polesan

Kenyamanan para pemancing di Pantai Cisaar didukung dengan berdirinya Bagan atau Pagang diperairan tersebut. Dan tersedianya jasa sewa perahu yang siap mengantar para mancing mania menuju Bagan atau Pagang.

“Sekarang sudah tersedia juga perahu nelayan yang siap mengantarkan para pemancing yang mau ke Bagan atau yang ingin mancing ke tengah laut,” jelas Entis, pemancing warga Desa Waluran kepada lingkarpena.id Minggu, (16/5/2024) kemarin.

Entis yang sudah mengenal lama dunia mancing sejak kecil ini mengatakan, fasilitas bagi pemancing di spot pemancingan perairan Cisaar sudah lengkap. Kata dia, kini para pemancing yang ingin melakukan aktivitas mancingnya di Bagan sudah tersedia jasa perahu yang siap antar jemput.

Baca juga:  Geyser Cipanas Cisolok Disorot Netizen, Ini Jawaban Kadis Pariwisata Kabupaten Sukabumi

Apa itu Bagan ?

Bagan umumnya sering ditemui di tengah laut antar pulau di Indonesia, umunya juga disebut sebagai bagan apung atau bagan rakit. Bentuknya seperti rumah mengapung dirakit dari beberapa bamboo panjang. Untuk melihatnya harus sewa perahu dan melakukan perjalanan karena jauh dari pesisir pantai.

Inilah ‘Bagan’ yang bisa dijadikan tempat memancing Ikan di Pantai Cisaar Ciemas.| Ist

Bagan dapat disebut sebagai penangkap ikan pasif tanpa berpindah tempat, hanya mengandalkan perilaku ikan atau biota laut sasarannya. Nelayan akan membuat lampu menyala saat malam agar mengundang ikan masuk ke jaring. Metode ini tentu sangat trasidional dan ramah lingkungan bagi pantai Indonesia.

Bila sedang liburan ke laut, maka cobalah untuk berjalan – jalan dengan perahu untuk melihat bagan. Banyak sekali bentuknya, ada yang menggunakan perahu ada terdapat rumah di atasnya, atau lebih sederhana lagi tak menggunakan perahu ataupun rumah, hanya susunan bamboo rapi mengapung di tengah laut.

Baca juga:  Material Longsoran di Jalur Geopark Ciletuh Mulai Dievakuasi

Di Pantai Cisaar banyak terdapat bagan atau Pagang milik warga nelayan. Tetapi jika ada pemancing yang berniat melakukan aktivitas mancingnya di Bagan, tinggal negosiasi, termasuk jasa antar jemput perahunya.

Anda yang lupa membawa perbekalan tak usah kuatir karena di Pantai Cisaar banyak terdapat warung makanan yang buka 24 jam. Disamping itu, warung disana siap jual jasa bakar ikan hasil anda memancing.

Pos terkait