Pembukaan Parabola Lembursitu Disambut Lengser Selepas Hujan Turun

Pembukaan Pasar Rakyat Bojongloa (Parabola) Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi.| Foto: Aris Wanto

LINGKARPENA.ID | Waktu yang di tunggu -tunggu oleh sejumlah masyarakat Kampung Bojong Loa, Kelurahan-Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi hari ini resmi dibuka, pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Pembukaan Pasar Rakyat Bojongloa (Parabola) ini, merupakan yang perdana di Lembursitu. Sejumlah pedagang dan pengunjung terlihat antusias memadati lokasi untuk menjajakan barang dagangannya masing-masing.

Gebyar pembukaan Parabola disambut dengan tarian lengser dari sangar Sagara yang berdomisili di Kampung Bojongloa tersebut. Lengser menyambut para tamu undangan dari unsur Forkopimcam Lembursitu.

Baca juga:  3 Kilogram Sabu Berhasil Diamankan Satres Narkoba Polres Sukabumi Kota

“Alhamdulillah hari ini Parabola resmi dibuka. Pasar ini biasa dibuka setiap malam Minggu untuk meramaikan lembur, menjadi tempat perputaran ekonomi¬† kemasyarakatan. Tujuannya untuk peningkatan produksi UMKM warga,” ucap Larkilisati Ketua Parabola Lembursitu ini kepada Lingkarpena.id Sabtu, (7/10/23).

Sajian Kuliner masyarakat beraneka hiburan mainan anak Kampung tersebut menjadi tempat wisata murah dan meriah. Pasar Rakyat Bojongloa (Parabola) menjadiadi event malam mingguan melibatkan pelaku seni budaya untuk menghibur para pengunjung.

“Kami berharap kreativitas pemuda juga dapat menciptakan ladang ekonomi bagi mereka. Potensi yang ada ini jelas dapat memberikan nuasa hiburan bagi warga masyarakat,” terangnya.

Baca juga:  Gelapkan 25 Unit Mobil Rental, 5 Pelaku Dibekuk Satreskrim Polres Sukabumi Kota

Lanjut Larkilisati, upaya ini merupakan untuk mendorong pelaku UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dilingkungan warga agar bisa merasakan dampak serta manfaat positifnya.

Larkilisati Ketua pengerak Parabola mengatakan event mingguan Parabola ini bisa memicu peningkatan penghasilan bagi pelaku ekonomi tentunya sektor UMKM.

Pasar rakyat ini menjadi ajang hiburan warga warga yang melibatkan pelaku seni budaya yang ada dilingkungan seperti karinding, pencaksilat dan pentas seni wayang golek sebagai daya tarik untuk memikat para pengunjung.

Baca juga:  Meninggal di Tempat: Laka Tunggal di Jalan Palabuhan II Cipanengah Kota Sukabumi¬†

Pihak pengelola di pasar rakyat menyediakan lapak untuk para pedangan sekitar sesuai nomor urut. Dijelaskannya untuk pendaftaran pedagang lebih mengutamakan warga setempat.

“Semoga pasar rakyat ini dapat memberikan penghasilan bagi para pelaku ekonomi setiap minggunya. Ya di luar agenda harian yang rutin dilakukan oleh para UMKM ini,” pungkasnya.

Pos terkait