Perbaikan rumah Ibing warga Tangkil, Gunung Bentang, melalui program RUTILAHU Provinsi Jawa Barat, Senin (11/10/2021). [Foto: Aris Wanto]

Pemdes Gunung Bentang Eksekusi Rumah Warga Tangkil, Ini Alasannya!

KABUPATEN SUKABUMI SOSIAL

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Bentang Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi, akhirnya mengeksekusi rumah milik warga di Kampung Tangkil RT 07/02 belum lama ini.

Alasan dieksekusinya rumah tersebut karena sudah tidak layak untuk ditempati. Beberapa bulan lalu rumah tersebut sempat viral di media sosial (medsos) karena keberadaannya yang tidak layak untuk ditempati.

Menurut Kepala Desa Gunung Bentang, Jajat Sudrajat yang di dampingi Sekretaris Desa (Sekdes) Cep Anwarul Asikin mengatakan, telah membenarkan bahwa sudah dilakukan eksekusi rumah milik Ibing (78) warga Kampung Tangkil, yang sudah tidak layak huni tersebut. Ibing tinggal bersama kedua cucunya yang katanya mengalami keterbelakangan mental.

Baca juga:  Geger Sosok Pria Ditemukan Gantung Diri di Sagaranten Sukabumi
Baca juga:
Rumah Ahmad Dieksekusi Pemdes dan Warga, Ini Sebabnya!

“Alhamdulillah program Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) yang bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah terealisasi. Hari ini kami mulai melakukan eksekusi dengan perbaikan kembali rumah Pak Ibing,” ujar Jajat Sudrajat kepada lingkarpena.id, Senin (11/10/2021) sore.

Dikatakan Ajat, keberadaan rumah Ibing sempat viral pada beberapa bulan lalu karena kondisinya tidak layak huni. Pihaknya sangat memahami atas kepedulian warga terhadap keberadaan rumah tersebut. Namun, alangkah baiknya jika kritikan dibarengi dengan realisasi yang lebih positif dan saling membantu sesama warga jika mampu.

Baca juga:  Perbaikan Jalur PLN, Dua Kecamatan di Selatan Sukabumi Dipadamkan

“Saat itu, program masih dalam tahap pengajuan. Karena prosesnya kan, tidak seperti membalikkan telapak tangan. Dan, hari ini sudah terjawab sedang kita realisasikan. Kami sangat memaklumi kritikan warganet atas kepeduliannya itu,” tambah Anwarul yang mengamini Kepala Desa Gunung Bentang itu.

Baca juga:
Satu Unit Rumah Hangus Terbakar di Kecamatan Cidadap Sukabumi

Sementara itu, Ibing selaku penerima manfaat program RUTILAHU mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Gunung Bentang atas sudah diperjuangkan haknya selama ini. Kini kediamannya mendapatkan bantuan dan sedang diperbaiki melalui program yang sudah terealisasikan itu.

Baca juga:  Peresmian Kantor Desa Hegarmanah Sagaranten Diwarnai Arak-Arakan Hasil Bumi Masyarakat 

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa, atas melalui perjuangan mereka rumah saya kini bisa di perbaiki. Ini tentu sangat membantu saya dengan tempat tinggal yang lebih layak dan nyaman di masa hari tua saya. Semoga menjadi ibadah buat mereka yang sudah memperjuangkan sehingga rumah saya bisa seperti ini,” tukasnya.

 

Reporter: Aris Wanto
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan