PLTU Klaim Kurangi Sampah Pantai Talanca Simpenan dengan Memanfaatkan Limbah

Kegiatan bersih-bersih Pantai Talanca Simpenan Sukabumi yang melibatkan semua element.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jabar II Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi mengklaim, telah membantu mengurangi tumpukan sampah di Pantai Talanca, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Pihaknya menggandeng Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Loji Kecamatan Simpenan. Hal tersebut untuk mengolah sampah kayu menjadi serbuk biomas, kemudian produk dibeli PLTU sebagai bahan bakar campuran batu bara.

“Kami sudah melakukan kerjasama dengan Bumdes Loji, untuk mengolah sampah-sampah kayu yang besar menjadi bubuk biomas. Lalu produk dijadikan bahan bakar Copairing di PLTU,” ujar Senior Manger PLTU Jabar II Palabuhanratu, Rizki Priatna, saat bersih-bersih sampah di Pantai Talanca, kepada wartawan, Sabtu, (10/06/2023).

Baca juga:  Pohon Tumbang dan Timpa Rumah Warga di Cibadak Sukabumi

Dijelaskan Rizki, mesin pencacah sampah kayu awalnya berukuran sangat kecil sehingga aktivitas dihentikan sementara. Kemudian PLTU mendatangkan mesin yang berkapasitas lebih besar dan digerakan dengan mengunakan tenaga listrik.

“Jadi sekarang lebih mudah perawatannya. Kami masih menunggu sambungan dari PLN untuk Power Shos nya. Ya insyallah bulan Juli nanti kami sudah bisa beroperasi kembali,” tambahnya.

Baca juga:  APBD Provinsi Gelontorkan Anggaran untuk Jalan Baros-Sagaranten dan Tegalbuleud Sebesar 86.248 Milyar 

Pihaknya berharap, kontribusi yang diberikan oleh PLTU bisa bermanfaat dan dapat membantu mengurangi volume sampah di pantai talanca. Bahkan bisa mengubah yang awalnya limbah, kedepan menjadi sebuah produk yang bernilai ekonomi.

“Iya, yang tadinya sampah kemudian bisa menjadi barang yang bernilai ekonomi. Beberapa sudah ada dilakukan pengolahan sampah yang sifatnya organik. Kedepan kami akan dukung Kabupaten Sukabumi, jadi tidak cuma di sini saja,” tandasnya.

Baca juga:  Dandim 0607 Kota Sukabumi, Hadiri Hari Lanjut Usia Nasional Ke-26 Tingkat Kabupaten Sukabumi

PLTU pun turut andil dalam kegiatan bersih-bersih di pantai talanca tersebut bersama semua stakeholder pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, mulai dari TNI, Polri, Ormas dan element masyarakat lainnya.**

Pos terkait