Pohon Timpa Ruko di Cicurug Sukabumi

Petugas saat mengevakuasi pohon dengan menggunakan alat gergaji mesin | istimewa

LINGKARPENA.ID | Sebuah pohon jenis Trembisi tumbang dan menimpa satu unit ruko di kawasan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Kejadian bencana alam tersebut terjadi seira pukul 23:00 WIB malam tadi.

Sebuah ruko yang berada didekat pohon menjadi imbas. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun melalui laporan petugas penanggulangan bencana kecamatan melalui Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Sukabumi, pohon tumbang diakibatkan adanya angin kencang.

Baca juga:  Tiga Ruang SD di Cidahu Terendam Banjir, Fondasi Jebol Dihantam Longsor

Peristiwa pohon tumbang terjadi tepatnya di Kampung Sirnabakti RT04/06 Desa Purwasari Kecamatan Cicurug. Pohon tumbang selain disebabkan oleh angin kencang juga karena kondisi batang pohon yang mengalami kropos termakan usia.

“Kejadiannya malam tadi sekitar pukul 23:00 WIB. Pohon menimpa ruko milik Pak Rumli (65). Atap ruko dan samping bangunan mengalami kerusakan,” jelas Dody, dalam keterangannya, Senin (16/1/23).

Baca juga:  Selama 35 Menit Jalan di Sukabumi Terhadang Pohon

Menurut Dody, informasi kejadian berawal adanya laporan dari sekretaris desa setempat. Kemudian ia segera berkoordinasi dengan unsur muspika Kecamatan Cicurug dan langsung melakukan asessment ke lokasi kejadian.

“Bangunan ruko mengalami rusak ringan akibat tertimpa ranting pohon Trembisi. Tida ada korban luka atas bencana pohon tumbang yang terjadi malam tadi,” terangnya.

Baca juga:  Banjir di Tegalbuleud Seorang Guru SD Gagal Mengajar? Pemerintah Diminta Carikan Solusi

Kendati demikian, petugas tetap menghimbau warga agar selalau waspada akan segala bentuk bencana yang kapan saja bisa terjadi.

“Untuk kerugian materi atas bencana alam pohon tumbang ini masih dalam hitungan pihak pemerintah desa setempat,” pungkasnya.

Pos terkait