Polisi Ajak Pemerintah Cari Solusi Limbah Sampah Kiriman Sungai Cimandiri di Pantai Talanca

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede saat meninjau lokasi tumpukan sampah di sepanjang Pantai Talanca, Loji, Kecamatan Simpenan.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede bersama pemerintah Simpenan, meninjau lokasi tumpukan sampah di Pantai Talanca, Desa Loji Kecamatan Simpenan pasca viral.

Kedatangan Kapolres Sukabumi ke lokasi tidak hanya memberikan masukan soal tumpukan sampah, namun juga ia mencari solusi agar limbah sampah itu bisa bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik.

Di lokasi saat meninjau keberadaan sampah kiriman sungai Cimandiri tersebut Kapolres sengaja mengajak Kepala Desa, warga sekitar termasuk para relawan sebagai pemerhati lingkungan.

“Ya kita harus mencari solusi soal sampah-sampah kiriman sungai Cimandiri ini,” jelas Kapolres Sukabumi dalam keterangan resminya, melalui siaran video di lokasi saat berkunjung ke Pantai Talanca.

Baca juga:  Selfie Berujung Maut Warga Cianjur Ditemukan

Dijelaskan Maruly, sampah yang ada di pantai Talanca tersebut bukan merupakan sampah para wisatawan yang datang dan membuang sampah secara sembarangan.

“Jadi sampah di pantai Talanca ini adalah, sampah yang terbawa oleh arus sungai Cimandiri. Jika banjir membawa-bawa sampah. Kemudian arus gelombang dari arah tengah laut, mendorong sampah sehingga tmeumpuk dipantai ini,” jelasnya.

Baca juga:  Jelang HUT Bhayangkara ke 76, Polres Sukabumi Gelar Donor Darah

Maruly mengatakan, kapasitas pantai Talanca dengan panjang 1,5 kilo meter tertutup sampah dan itu terjadi dalam hitungan satu malam. Bahkan sampah tersebut bisa bertambah atau berkurang tergantung dengan arus gelombang yang ada dipantai.

“Yang menjadi fokus pemikiran kita adalah, bagaimana mungkin menghindari kiriman sampah dari arus sungai Cimandiri ini. Tapi bagaimana kita mencari solusi dan mengelola sampah yang ada ini,” tandas Maruly.

Dikatakannya, sampah akan terus datang setiap hari, setiap bulan, setiap tahun, sudah bertahun-tahun seperti ini. Ia berharap masyarakat bisa  mengelola sampah-sampah itu supaya bisa lebih rapih dan berguna bahkan bermanfaat.

Baca juga:  Bupati Mawan Apresiasi BI Jawa Barat dalam Mendorong Pengembangan Ekonomi di Kabupaten Sukabumi

Maruly juga mengharapkan ada solusi terbaik yang harus menjadi pemikiran semua pihak termasuk para stackholder. Menurutnya agar supaya sampah bisa berguna dan bermamfaat bagi masyarakat setempat.

“Ya pantainya bisa tetap beresih walaupun selalu menerima kiriman sampah. Juga sampahnya bisa dimanfaatkan dengan baik juga,” pungkasnya.

Kapolres Sukabumi dalam kesempatan tersebut turut memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada sejumlah warga masyarakat Talanca.

Pos terkait