AKBP Dedy Dewanto Inspektorat Polda Jabar saat berbincang dengan Kasi Humas Polres Sukabumi IPDA Aah Saepul Rohman, usai kegiatan sosialisasi Dumas Presisi di Samsat Cibadak, Selasa, (21/9/2021). [Foto: Ist]

Polri Luncurkan Aplikasi Dumas Presisi, Simak Apa Saja Kegunaannya!

KABUPATEN SUKABUMI

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meluncurkan aplikasi Dumas (Pengaduan Masyarakat) yang bisa dipergunakan saat ini. Diluncurkan aplikasi tersebut, guna mempermudah masyarakat dalam membuat pelaporan atau keluhan tentang pelayanan Polri.

Sekarang ini, masyarakat tidak perlu repot datang ke kantor polisi apabila ada keluhan tentang pelayanan Polri atau bermaksud melaporkan ada kejadian di sekitarnya. Cukup dengan menggunakan aplikasi Dumas Presisi ini di handphone dengan cara mendownload terlebih dahulu aplikasinya.

Untuk mendapatkan aplikasi Dumas Presisi ini sangat mudah. Masyarakat bisa mengunduhnya secara gratis di play store atau google play atau bisa juga melalui website di http://dumaspresisi.polri.go.id.

Baca juga:  BIN Jabar: Gelar Vaksinasi di Sukabumi, 8000 Pelajar dan Santri Jadi Terget Utama

Hal itu diungkapkan oleh AKBP Dedy Dewanto, dari Inspektorat Polda Jabar pada saat sosialisasi aplikasi Dumas Presisi kepada berbagai komunitas masyarakat di Kabupaten Sukabumi Selasa (21/09/2021).

Baca juga:
Di HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke 66, Ini yang Dilakukan Polantas Polres Sukabumi Kota

“Kedatangan kami dan tim dari Inspektorat Polda Jabar ke Sukabumi ini dalam rangka mensosialisasikan aplikasi Dumas Presisi guna mempermudah masyarakat. Jika untuk melaporkan keluhan, komplain tentang pelayanan Polri bahkan aplikasi Dumas Presisi juga bisa digunakan untuk melaporkan kejadian di sekitar lingkungan masyarakat,” Ungkap Dedy kepada komunitas masyarakat yang hadir di Kantor Samsat Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:  Wisata Situgunung Sukabumi Kembali Dibuka, Simak Aturan Masuknya!

Dumas Presisi merupakan aplikasi yang termasuk dalam program prioritas Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Selama ini masyarakat bingung harus melaporkan kemana apabila mempunyai keluhan tentang pelayanan Polri ataupun melaporkan suatu kejadian kepada pihak Kepolisian, dengan menggunakan aplikasi Dumas Presisi ini, nantinya laporan masyarakat tersebut akan di salurkan ke bagian atau fungsi yang dimaksud dalam laporan untuk segera dilayani atau ditanggapi” tegas Dedy.

Baca juga:
Gencar, Operasi Patuh Lodaya, Ini Kata Kasatlantas Polres Kota Sukabumi

Kegiatan sosialisasi Dumas Presisi ini sengaja mendatangani komunitas masyarakat seperti komunitas Perbankkan, Komunitas Ojol, komunitas Buruh dan Nelayan serta sebagainya. Dengan harapan aplikasi Dumas Presisi dapat diketahui masyarakat secara luas.

Baca juga:  Polres Sukabumi Kota Sediakan 16 Gerai Vaksinasi Presisi Untuk Mempercepat Imunitas Komunal

“Untuk identitas pelapor kami jamin kerahasiaannya karena pihak operator Polri yang mengelolanya. Kami jamin tidak akan tersebar kemana – mana dan setiap laporan akan segera kami tindaklanjuti,” tegas perwira dua melati ini.

Dedy mengharapkan agar aplikasi Dumas Presisi ini dapat dimanfaatkan secara baik oleh warga masyarakat termasuk di Kabupaten Sukabumi.

 

Redaksi: lingkarpena.id
Sumber: hum/polres

Tinggalkan Balasan