Rakor Persiapan 2nd WHCF, PLH Sekda Paparkan Perporma Kab Sukabumi dalam Aktualiaask Sembilan Tatanan

FOTO: Rapat Koordinasi Persiapan 2nd WHCF (World Health City Forum) di Pomelo Hotel, Jalan Dukuh Patra Raya No. 28 Jakarta Selatan, Rabu (5/6/) yang diikuti Plh Sekda Kabupaten Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Toha Wildan Athoilah mengatakan, untuk menciptakan Kabupaten Sukabumi sehat, Pemerintah daerah sudah membuat berbagai inovasi yang didukung dengan regulasi daerah.

Hal tersebut dipaparkan Plh Sekda saat menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan 2nd WHCF (World Health City Forum). Acara tersebut berlangsung di Pomelo Hotel, Jalan Dukuh Patra Raya No. 28 Jakarta Selatan, Rabu (5/6/) kemarin.

“Kami tadi menyampaikan kaitan dengan performa kegiatan penyelenggaraan Kabupaten Sukabumi sehat melalui sembilan tatanan yang di sampaikan,” ungkap Toha dalam keterangannya.

Baca juga:  Peringati Hari Lanjut Usia ke 27, Bupati: "Momentum Terus Produktif Walau Usia Tak Lagi Muda"

Sembilan tatanan tersebut adalah kehidupan masyarakat mandiri, pemukiman dan fasilitas umum, satuan pendidikan, pasar rakyat sehat, pariwisata, transportasi dan tertib lalulintas, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial serta pencegahan dan penanganan bencana.

Dikatakan pula, oleh Plh Sekda, dalam mewujudkan ke sembilan tatanan tersebut perlu kolaborasi dan sinergitas pentahelix di semua sektor.

“Ini yang kita lakukan, kemudian, hasil dari diskusi tadi kita akan mencoba lebih fokus pada isu penataan kemudian di tindak lanjuti penanganan sehingga dapat dilihat before after nya,” terangnya.

Baca juga:  Rakor Persiapan Verifikasi Kabupaten Layak Anak, Sekda Minta Akselerasi Wujudkan KLA

Plh Sekda berharap dengan diterapkannya ke sembilan tatanan ini dapat membawa perubahan ke masyarakat seperti apa yang diharapkan dan sesuai dengan tema World Healthy City Forum tahun ini, yaitu bagaimana terwujudnya Smart Healthy City.

Seperti diketahui kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti Brafaks dari Kepala Perwakilan RI Seoul tanggal 2 April 2024 lalu perihal Rencana World Health City Forum (WHCF) Executive Committee mengundang partisipasi Indonesia pada The 2nd WHCF 2024 yang akan dilaksanakan di Incheon, Korea Selatan, pada tanggal 12-14 November 2024 mendatang.

Baca juga:  Evaluasi P2WKSS, Sekda Minta Semua Pihak Bekerja Keras agar Raih Hasil Maksimal

Selain itu, sebagai penjaringan peminatan khususnya kabupaten/kota terpilih dan lintas sektor/program untuk memberikan tanggapan dalam penentuan kabupaten/kotaTerpilih.

Para peserta terdiri dari Kabupaten/Kota terpilih yang telah mendapatkan Swasti Saba kategori wistara dan wiwerda, perwakilan Provinsi DKI Jakarta dan perwakilan Otorita IKN.**

Pos terkait