Petugas P2BK bersama relawan warga saat evakuasi runtuhan rumah korban bencana. [Foto: Ist]

Rumah Ambruk di Kecamatan Ciambar Sukabumi, Ini Penyebabnya?

KABUPATEN SUKABUMI PERISTIWA

LINGKARPENA.ID – Satu unit rumah warga di Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi, ambruk pada Minggu 14 November 2021. Peristiwa ambruknya rumah sekitar pukul 06:30 WIB pagi.

Diketahui rumah tersebut milik Bapak Sahna, tepatnya di Kampung Ciaripin RT 01/09 Desa Munjul Kecamatan Ciambar. Rumah yang dihuni 3 jiwa itu, mengalami ambruk pada bagian dapur.

Baca juga:  Mabes TNI Sambangi Makodim 0622, Ini yang Dilakukan Kapolres Sukabumi

Petugas penanggulangan bencana kecamatan (P2BK) Ciambar, segera melakukan asesmen dengan muspika setempat. Meninjau lokasi dan melakukan kaji cepat serta membantu evakuasi bersama relawan warga dan pemerintah desa setempat.

“Ambruknya rumah Bapak Sahna itu, selain kondisi rumah terus diguyur hujan juga keberadaan tempat tinggal itu sudah tidak layak huni. Rumah yang ambruk pada bagian dapurnya,” jelas P2BK Ciambar, Dedi Supianto, seperti dilaporkan Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Minggu (14/11).

Baca juga:  Kang Emil: Apresiasi Terobosan PT Danone Aqua Soal Inisiatif PLTS Atap, Ini Kata Bupati Sukabumi

Dikatakan Dedi, penyebab ambruknya rumah Bapak Sahna itu, selain kondisinya yang sudah lapuk juga disebabkan angin kencang pada saat sebelum terjadi bencana. Bangunan rumah tidak kuat menahan beban air hujan dan angin sehingga pada bagian dapur langsung ambruk.

“Saat terjadi bencana ambruk pihak keluarga sedang berada di ruangan rumah. Semua penghuni rumah selamat tidak ada korban jiwa maupun luka. Kerugian atas bencana itu masih dalam kajian jumlah materi kerugian,” imbuhnya.

Baca juga:  Lagi Gantung Diri: Pria Paruh Baya di Girimukti Ciemas Sukabumi Hebohkan Warga Sekitar

 

Redaksi: Lingkarpena.id
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan