Rumah Mak Yati di Jampangkulon yang Viral Mulai Dibangun

LINGKARPENA.ID | Rumah Mak Yati (65), warga Kampung Ciledeg RT 01/01, Desa Mekarjaya, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi mulai dilakukan pembongkaran, Senin 13 Mei 2024.

Pembongkaran dilakukan untuk direnovasi. Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimcam, Pemdes, TKSK, Satpol-PP, pendamping PKH dan warga setempat.

Diketahui, rumah Ma Yati yang kondisinya memperihatinkan, pemberitaannya dirilis lingkarpena (11/2/2024) lalu mendapat respon dari berbagai pihak. Forkopimcam Jampangkulon, Pemdes Mekarjaya dan TKSK Jampangkulon, reaktip dan bersinergi langsung menanganinya.

Baca juga:  PWI Peduli Gandeng RAI Santuni Ratusan Yatim dan Jompo

Seminggu kemudian phalamarta kunjungi rumah Ma Yati, dan hari itu pun langsung dilakukan penanganan kesehatanya di RSUD Jampangkulon.

Diakui Camat Jampangkulon Dading, benar telah dilakukan kunjungan dan penanganan oleh Phalamarta. Dan, pihaknya bersama unsur Forkopimcam serta pemdes Mekarjaya termasuk TKSK, intens tangani masalah tersebut.

Tenaga Kerja Kesejahteraan Sosial (TKSK) Kecamatan Jampangkulon Yudi menuturkan, saat ini rumah Ma Yati sedang dalam pembongkaran untuk dibangun kembali.

Baca juga:  Prabowo Subianto Utus Pjs Ketua TIDAR Jabar Kunjungi Korban Banjir Garut

“Untuk renovasi rumah ada bantuan uang senilai Rp 20 juta dari kementerian Sosial. Selain itu ada bantuan dari Phalamarta berupa alat alat dan bahan untuk kewirausahaan,” papar Yudi.

Lebih lanjut kata Yudi, pembangunan rumah Ma Yati akan dilakukan beberapa hari ke depan sambil menunggu proses pembuatan beberapa material bangunan, kusen. Dan direncanakan peletakan batu pertamanya akan dihadiri Forkopimcam, pemdes Mekarjaya serta pihak terkait lainnya.

Baca juga:  Rumah Sepasang Lansia di Cicantayan Kabupaten Sukabumi, Hangus Terbakar

Kedepannya, papar Yudi, untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya Ma Yati diberdayakan di kegiatan kewirausahaan. Untuk itu, pihak Phalamarta memberikan bantuan alat dan bahan bahan. Diketahui, Ma Yati piawai dalam pembuatan makanan khas Pajampangan, opak ketan dan rangginang.

Pos terkait