Atang (65) sepulang dari ladang cuma menyaksikan puing-puing saja pasca rumahnya kebakaran pada Selasa (05/10/2021). [Foto: Ist]

Satu Unit Rumah Hangus Terbakar di Kecamatan Cidadap Sukabumi

PERISTIWA

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Satu unit rumah terbakar di Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi pada Selasa (05/10/2021). Bencana kebakaran tepatnya di Kampung Kubang RT 02/01 Desa Mekartani Kecamatan Cidadap.

Peristiwa kebakaran terjadi sekira pukul 10:30 WIB siang. Api diduga berasal dari tunggu (Hawu) lalu merembet ke bagian dinding yang terbuat dari bilik bambu.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cidadap, Husni Mubarok, segera melakukan koordinasi dengan Muspika dan petugas relawan bencana guna melakukan assessment ke lokasi bencana.

Kata Husni menerangkan bahwa kebakaran rumah warga di Kampung Kubang RT 02/01 Desa Mekartani Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi merupakan rumah tinggal milik Atang (65).

Baca juga:  Sejarah Sakral: Tersangka Curanmor Langsungkan Pernikahan Sebagai Tahanan Polres Sukabumi
Baca juga:
Korek Gas Meletus Dalam Saku Celana: Rumah dan Warung Terbakar, Terdapat Korban Luka Bakar

“Setelah mendapatkan laporan warga kami bergegas menuju lokasi bencana kebakaran. Rumah Atang hangus beserta barang berharga dan surat-surat penting lainnya ikut terbakar,” ucap Atang kepada lingkarpena.id Selasa (05/10/2021) sore.

Dikatakan Husni, rumah Atang yang terbakar merupakan semi permanen dengan ukuran 5×7 meter persegi. Saat terjadi kebakaran pemilik rumah sedang berada di ladang.

Baca juga:  Rumah Ludes Terbakar di Pabuaran Sukabumi, Api Diduga dari Kompor

“Mungkin saat meninggalkan rumah sebelum ke ladang api masih menyala dalam tungku itu. Jadi merembet kepada kayu bakar di sekitar tungku lalu ke dinding dapur yang terbuat dari anyaman bilik bambu,” jelas Husni.

Pemilik rumah tidak mengetahui bahwa tempat tinggalnya terbakar. Itupun di beritahu oleh tetangganya bahwa kondisi rumah miliknya sudah hangus terbakar.

Baca juga:
Baraya Slamet: Bantu Korban Kebakaran di Sagaranten, Berikan Material Bangunan dan Sembako

Warga masyarakat sekitar berjibaku untuk memadamkan api. Namun tidak berhasil karena kondisi api sudah membesar ditambah kesulitan air dan saat memadamkan api dengan alat seadanya.

Baca juga:  Pergerakan Tanah Panjang 60 Meter Mirip Tapal Kuda Terjadi di Gegerbitung Sukabumi 

“Upaya sudah dilakukan warga sekitar untuk memadamkan api. Cuaca sangat panas dan angin cukup besar sehingga warga kesulitan memadamkan api. Kerugian dari bencana yang ditimbulkan diperkirakan menurut tafsiran mencapai 50 juta,” terang Ketua P2BK Cidadap itu.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, karena saat kebakaran pemilik rumah sedang berada di ladang/sawah.

 

 

Reporter: Ram
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan