Sedang Sholat Subuh, Rumah Ambruk di Simpenan Sukabumi

LINGKARPENA.ID | Sebuah rumah tinggal secara spontanitas ambruk di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, pada Senin, 29 Januari 2024.

Peristiwa ambruknya rumah tersebut sekitar pukul 05:00 wib pagi. Kejadian itu tepatnya di Kampung Citeureup RT 07/04 Desa Loji, Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi.

Diketahui bangunan rumah yang ambruk itu merupakan milik Ahyar (lansia) dengan jumlah penghuni 7 jiwa, dengan luas bangunan 9×6 meter persegi.

Baca juga:  Satu Rumah di Benteng Sukabumi Ambruk Diguncang Gempa

“Pada saat itu penghuni rumah sedang melaksanakan shalat subuh di rumah sebelah, tiba-tiba saja rumah ambruk,” ujar P2BK Simpenan, Dandi, dalam laporannya, Senin, (29/1/2024).

Dijelaskan Dandi, ambruknya rumah milik Ahyar tersebut selain karena terus diguyur hujan, juga kondisinya memang sudah tua atau lapuk.

“Jadi rumah yang ambruk ini memang di kosongkan, tidak dihuni. Ya cuma dipakai penyimpanan barang saja,” katanya.

Baca juga:  Rumah Warga di Kalibunder Dilumat Sijago Merah, Ini Kerugiannya

Dandi menambahkan, pemilik rumah saat terjadi bencana, (Ahyar) dalam kondisi sedang sakit. Juga anak ke-3 Jajang Solihin (patah tulang). Sementara anak ke 4 mereka merupakan penyandang difabel (tuna wicara) Misbahul Palah (13) tahun.

Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa maupun luka. Kerugian atas ambruknya rumah Ahyar masih dalam tafsiran pihak pemerintah desa setempat.

Baca juga:  Langganan Longsor, Warga Cibuntu Simpenan Minta Dibangunkan TPT

“Sebagian puing-puing sudah kami bersihkan bersama unsur Muspika dan relawan serta warga sekitar,” ungkapnya.

Petugas usai melakukan asessmentndan evakuasi juga memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar agar tetap waspada mengingat kondisi cuaca masih cukup ekstrem.**

Pos terkait