Selamatkan Lingkungan dari Kepunahan, Mahasiswa UMMI Lakukan Penghijauan di Waluran

Sejumlah mahasiswa KKN-T tahun 2023 dari Universitas UMMI Sukabumi saat melakukan aksi penanaman pohon di Lapang Samelang Desa Mekarmukti Kecamatan Waluran Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA ID | Aksi peduli lingkungan melalui 17 kelompok KKN-Tematik dari Mahasiswa UMMI bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarmukti Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi melakukan penanaman pohon, pada tanggal 27 Juli 2023 lalu.

Aksi tersebut dengan membawa tema: “Terus menanam pohon hijaukan lingkungan alam menjadi sejuk, adem,  sehat dan nyaman dihati”.

Dicky Jhoansyah selaku Dosen Pembimbing turut serta langsung kelapangan dalam penanaman pohon tersebut. Menurutnya bagaimana pentingnya penyelamatan alam baik sekitar lingkungan maupun hutan.

“Lokasi yang dipusatkan penanaman pohon yaitu di Desa Mekarmukti. Ya sekaligus lokasi itu dijadikan tempat Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang berlangsung satu hari,” ucap Dicky kepada Lingkarpena, Sabtu (19/8/2023).

Baca juga:  Petugas Gabungan Tutup Tambang Emas Ilegal di Sukabumi

Sementara itu Revinaldi ketua kelompok KKNT Desa Mekarmukti menambahkan, penanaman pohon kali ini merupakan upaya untuk menjaga ke seimbangan alam. Dijelaskannya, penanaman pohon salah satunya untuk menambah asupan karbon/oksigen bagi kehidupan dimana lingkungan dan alam sekitar harus tetap terjaga serta terawat.

“Ya kita manusia, alam dan yang lainnya sebagai mahluk ciptaan Tuhan harus bisa saling menghargai dan saling menghormati atau (mahabah terhadap alam),” tuturnya.

Baca juga:  BPN Harus Batalkan Enam SHGB PT KR, Kuasa Hukum Desa Mekarsari "Semua Pertimbangan Hukumnya Sudah Sempurna"

Menurut Revinaldi kegiatan ini sangat penting dimana Kabupaten Sukabumi diantara Kabupaten di Jawa Barat merupakan Kabupaten Konservasi. Dan salah satu wujud nyata Mahasiswa UMMI peduli akan pelestarian alam Kecamatan Waluran ini.

“Semoga kedepan setiap Universitas yang ada di Sukabumi bisa turut serta dalam upaya penyelamatan alam agar paru-paru Jabar tetap di Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Di tempat yang sama H. Deden, Kepala Desa Mekarmukri menambahkan, dengan adanya penanaman pohon yang dilakukan mahasiswa UMMI di wilayah Waluran tersebut.

Baca juga:  Talkshow RCL Jaksa Menyapa, Kastel Kejari: Manfaatkan Program Jaksa Jaga Desa Sebaik Mungkin

“Kami sangat mengapresiasi aksi dari adik-adik KKN-T Mahasiswa UMMI yang sudah berkolaborasi. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi pihak Pemdes,” imbuhnya.

Diketahui lokus penanaman pohon di pusatkan Area Lapang Samelang yang merupakan tanah aset Desa Mekarmukti Kecamatan Waluran Sukabumi.

“Saya ucapan banyak terima kasih pada Universitas Muhammadiyah Sukabumi dan Mahasiswa. Semoga kelak pohon ini menjadi memori kenangan selalu tertanam dihati masyarakat Mekarmukti,” pungkasnya.

Pos terkait