Tri Tito Kanavian Minta DWP Kemendagri jadi Pelindung Keluarga ASN

Tri saat memberikan pidatonya pada Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua DWP Kemendagri di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Selasa (7/5/24).| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tri Tito Karnavian berharap, DWP Kemendagri dapat menjadi pelindung bagi keluarga para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan setempat.

Dengan kata lain, DWP Kemendagri mesti menjadi wadah advokasi dan tempat mengadu bagi keluarga ASN Kemendagri yang mengalami permasalahan.

“Banyak sekali sebetulnya permasalahan-permasalahan yang tidak timbul karena kita tidak tahu. Karena anggota-anggota kita yang di bawah itu tidak tahu harus mengadu ke mana,” ujar Tri saat Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua DWP Kemendagri di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Selasa (7/5/24).

Baca juga:  DPRD Kota Bekasi: Dalam Kurun Waktu 2 Tahun Total Lahirkan 30 Perda

Ia pun berharap para pengurus DWP Kemendagri dapat turun sampai ke bawah untuk mendata seluruh keluarga para ASN Kemendagri.

“Jadi, mudah-mudahan nanti kita semua bersama-sama tidak hanya memperhatikan kepengurusan saja,” katanya.

Tri juga meminta DWP Kemendagri fokus pada masalah-masalah pokok seperti pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya. Selain itu, para anggota DWP Kemendagri juga diminta untuk memberikan atensi terhadap persoalan stunting.

Sebab, kata Tri, masih banyak yang belum memahami dampak dan bahaya stunting terhadap pertumbuhan anak dan balita.

Baca juga:  LaNyalla: Minta Prestasi Siswa SMAMITA Sidoarjo Peraih Emas WYIIA Dikembangkan

“Stunting itu kan tidak hanya ekonomi, tidak kasih makan, tapi mungkin pola asuh. [Mungkin ada] pola asuh hanya memberikan anak makan, tapi tidak memperhatikan gizinya,” ujar Tri.

Tak ketinggalan, Tri mengingatkan, sebagai organisasi istri ASN, DWP Kemendagri harus mampu memperkuat peran perempuan dalam pembangunan nasional.

Untuk itulah, ia berharap DWP Kemendagri dapat menjadi wadah bagi mereka yang ingin menyuarakan aspirasinya. Dengan begitu, DWP Kemendagri akan semakin dipandang eksistensinya.

Baca juga:  Didampingi Direksi Pertamina, Presiden Jokowi Tinjau Posko Pengungsian Tragedi Plumpang

“Seharusnya inilah yang kita perhatikan, sehingga nama DWP, khususnya di Kemendagri itu menjadi harum di semua keanggotaan sampai bawah,” tandasnya.

Tak lupa, dalam kesempatan itu, Tri memberikan ucapan selamat kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Antarwaktu DWP Kemendagri Niken Tomsi Tohir. Ia berharap Niken dapat melaksanakan tugas dan berinovasi dengan para anggota DWP Kemendagri.

“Saya mengucapkan selamat kepada Ibu Niken. Ibu Ketua Antarwaktu dan Ibu Pengurus bisa berkreasi berinovasi bagaimana untuk merangkul semua para anggotanya di lingkup Kemendagri,” pungkasnya.**

Pos terkait