Upacara Harlah Pancasila Tingkat Kabupaten Sukabumi, Wabup Bacakan Amanat Ketua BPIP RI

LINGKARPENA.ID| Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2024. Acara diselenggarakan di Lapangan Cangehgar, Palabuhanratu, Sabtu, 1 Juni 2024.

Peringatan Harlah Pancasila ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Iyos Somantri membacakan amanat Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia yang berpesan agar semua pihak memperkokoh bangsa dan bekerja sama membangun ekonomi nasional.

Baca juga:  Peringati Hari Lanjut Usia ke 27, Bupati: "Momentum Terus Produktif Walau Usia Tak Lagi Muda"

Setelah membacakan amanat Ketua BPIP RI, Wabup mengajak masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk selalu memaknai nilai-nilai dasar Pancasila dalam membangun jati diri bangsa.

“Peringatan Harlah Pancasila harus dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur,” ujarnya.

Bangsa Indonesia, yang kodratnya adalah keberagaman agama, budaya dan adat istiadat, harus selalu dijaga dari ancaman yang akan merusak keragaman tersebut.

Baca juga:  Buka Kontes Ikan Koi, Bupati Marwan Harapkan Ini Menjadi Ikon Kabupaten Sukabumi

“Keberagaman etnis, bahasa, adat istiadat, agama, dan golongan pun pasti secara serentak bergerak bersama-sama bersatu untuk membelanya terhadap siapapun yang merongrongnya,” tambahnya.

Wabup menambahkan, ketika Pancasila menjadi kepribadian yang menjadi bagian dari masyarakat bangsa Indonesia, maka kekuatan bangsa ini semakin kuat dan semakin mampu menghadapi tantangan ideologi seperti komunisme atau liberalisme yang tidak berakar dalam kehidupan bangsa.

Baca juga:  Selama Bulan Juni, Ini Jumlah Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Super dan E Kota Sukabumi

“Selamat melaksanakan peringatan Harlah Pancasila. Mari kita kuatkan untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman dan pegangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat bangsa Indonesia, sekaligus menjadikan Pancasila sebagai pemersatu bangsa menuju Indonesia Maju,” pungkasnya.

Pos terkait