Simulasi SAR korban bencana tanah longsor oleh Polres Sukabumi di halaman Pos Basarnas, Pelabuhanratu / Humas Polres Sukabumi

Waspada Bencana, Polres Sukabumi Gelar Apel dan Simulasi Search And Rescue

KABUPATEN SUKABUMI

LINGKARPENA.ID – Polres Sukabumi, Kodim 0622, beserta Pemeritah Daerah Kabupaten Sukabumi menggelar apel siaga dan simulasi penanggulangan bencana alam di halaman kantor Pos SAR Basarnas, Pelabuhanratu, Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan apel siaga penanganan bencana dipimpin oleh Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah, dan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman beserta sejumlah unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, apel juga diikuti oleh personil Polres Sukabumi, Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, TNI AL Posal Palabuhanratu, BPBD, Damkar Kabupaten Sukabumi, PLN, Basarnas, serta relawan tanggap bencana.

Baca juga:  ODGJ di Surade Mendapat Perhatian Khusus, Ini yang Dilakukan Komunitas?

Pada kesempatan itu AKBP Dedy Darmawansyah mengatakan, iklim di Kabupaten Sukabumi berubah drastis, hujan yang terjadi hampir setiap hari dengan intensitas tinggi berpotensi dapat menimbulkan terjadinya bencana.

“Bencana seperti banjir, longsor, maupun angin puting beliung bisa saja terjadi. Dengan demikian personil gabungan diharapkan dapat segera mendatangi tempat kejadian dengan prioritas untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Dedy meminta kepada seluruh tim yang hadir sebagai peserta apel siaga bencana agar selalu menjaga kekompakan dan komunikasi, sehingga ketika melaksanakan pertolongan dilapangan dapat berjalan secara efektif.

Baca juga:  Serangan Gencar Puslatpurmar 6 Antralina Guna Membasmi Virus Covid di Sukabumi

“Kekompakan tim menjadi kunci sukses keberhasilan dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam. Kekompakan dan komunikasi yang baik akan meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sukabumi Ade Suryaman menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan apel dan simulasi penanganan bencana yang dimotori Polres Sukabumi bersama stakeholder terkait penanggulangan bencana.

“Kegiatan apel dan simulasi bencana yang dilaksanakan Polres Sukabumi merupakan bagian dari konsolidasi kita sebagai penanggungjawab dalam kesiapan penanganan bencana,” singkatnya.

Baca juga:  BOP Pontren Disunat, Pengamat: Jangan Takut Melapor

Kapolres Sukabumi bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi dan tamu undangan lainnya berkesempatan melihat peralatan yang digunakan dalam melaksanakan SAR evakuasi.

Setelah melaksanakan apel, Polres Sukabumi dan tim gabungan yang dipimpin Wakapolres Sukabumi Kompol Niko Adiputra memperagakan simulasi SAR evakuasi dalam hal ini pertolongan kepada korban bencana alam tanah longsor.***

Tinggalkan Balasan