Truk terguling akibat tak kuat menanjak di tanjakan Karang Cidolog, Sabtu (13/11). [Foto: Ist]

Truk Muatan Pasir Terguling di Tanjakan Karang Kecamatan Cidolog Sukabumi

KABUPATEN SUKABUMI PERISTIWA

LINGKARPENA.ID – Kecelakaan tunggal kembali terjadi di Tanjakan Karang, Kampung Cilangkap Desa Cidolog Kabupaten Sukabumi. Truk bermuatan Pasir terbalik akibat tidak kuat menanjak, Sabtu (13/11/2021).

Peristiwa kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 15:30 WIB. Dum truk pengangkut pasir bernomor polisi F 9202 SB mengalami nahas saat menanjak di Jalan Provinsi tersebut.

Truk pengangkut pasir dari wilayah Rambay Kecamatan Tegalbuleud itu menuju arah Cidolog. Namun, saat melintas di tanjakan Karang Desa Cidolog mendadak mati mesin karena tak kuat menanjak.

Baca juga:  Laka Lantas di Ciracap Menyebabkan 3 Orang Luka dan 1 Korban Meninggal

“Mobil sesampai di TKP tidak kuat menanjak, kemudian mesin mati lalu mudur dan akhirnya terguling,” tutur Aki Yadi, warga Cidolog, saat ditanya lingkarpena.id Sabtu (13/11) sore.

Lokasi tanjakan Karang sendiri berada di Jalan Provinsi yang berdekatan dengan ujung batas antara Kecamatan Cidolog dan Kecamatan Tegalbuled. Di lokasi tanjakan Karang sering terjadi kecelakaan dan sudah banyak menelan korban jiwa.

“Bulan kemarin juga terjadi kecelakaan yang sama di tanjakan Karang ini. Kecelakaan tidak sampai menelan korban jiwa, termasuk yang baru saja terjadi,” tambah Aki Yadi.

Baca juga:  Pemdes Bojonggaling Fokuskan Dana Desa Rp445,3 Juta untuk Covid-19

Ditambahkan Aki Yadi, warga masyarakat Desa Cidolog berharap pihak Pemerintah Provinsi atau Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jabar bisa mengkaji ulang tanjakan Karang itu. Bagaimana supaya tidak terjadi banyak kecelakaan tunggal terus terulang.

Menurut Aki Yadi, kecelakaan terkadang disebabkan karena overload atau muatan yang berlebihan. Seharusnya para pengemudi juga mempertimbangkan kondisi jalan dan kendaraan. Sebab, jika kendaraan sudah tidak sehat lagi dengan muatan lebih menjadi penyebab juga saat melintas dikawasan tanjakan Karang itu.

Baca juga:  Truk Muatan Pasir Terguling di Tanjakan Cikawung Nyalindung Sukabumi

“Pesan saya pada pemilik truk yang bermuatan lebih dari 5 ton agar bisa berhati-hati ketika melintasi tanjakan karang. Ya, agar harus dengan perhitungan matang. Aman selamat tidak menimbulkan kerugian ke dua belah pihak antara sopir dan pemilik truk,” tuturnya.

 

 

 

 

Reporter: Aris Wanto

Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan