Wujudkan Karakter Pelajar Mandiri dan Peduli Lingkungan, SMPN 2 Kota Sukabumi Terapkan Program P5

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kota Sukabumi Arham.| Foto: Azis Ramdhani

LINGKARPENA.ID | Wujudkan karakter pelajar mandiri dan peduli lingkungan, SMPN 2 Kota Sukabumi terapkan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan berbagai kegiatan seperti menanamkan kerarifan lokasi sampai melakukan mendaur ulang sampah.

Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Sukabumi Arham mengatakan, program ini salah satu upaya untuk memupuk karakter pelajar yang mandiri dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Dalam program ini, pelajar akan terlibat dalam berbagai kegiatan di sekolah mulai menanamkan kearifan lokal hingga hidup berkelanjutan,” kata Arham kepada Lingkarpena.id Senin kemarin, (09/10/23).

Baca juga:  Tiga Pelajar SMAN di Kota Sukabumi, Dibacok Orang Tak Dikenal

Lanjut dia, saat ini kelas 7 akan fokus pada tema kearifan lokal dengan kegiatan plogging, yaitu mengumpulkan sampah sekaligus berolahraga. Sementara itu, tema kedua untuk kelas 7 adalah keberagaman global, di mana pelajar melakukan pembuatan video yang menggambarkan hubungan antara beragam suku di Indonesia dengan saling menghargai.

“Pada Februari, kelas 7 juga akan mengadakan pameran berbagai jenis masakan, seperti gehu dan batagor, untuk mengasah keterampilan kewirausahaan mereka,” ungkapnya.

Selain itu juga sambung Arham, Kelas 8 akan lebih fokus pada kehidupan berkelanjutan dan pengurangan sampah.
Siswa akan belajar tentang daur ulang dan mencoba mengubah plastik menjadi pakaian yang kemudian akan dipamerkan.

Baca juga:  Buron 10 Bulan, Pelaku Penganiayaan Dibekuk Unit Reskrim Polsek Gunungpuyuh

“Nantinya mereka juga akan mempelajari
gaya hidup sehat dengan melakukan gerakan senam dan menggunakan teknologi rekayasa,” bebernya.

Menurutnya, tujuan dari program ini adalah untuk membentuk karakter pelajar yang mandiri, adaptif, dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Pihak sekolah juga akan mengadakan pameran yang terbaik dari karya pelajar, dengan harapan dapat menginspirasi pelajar lainnya. Dan juga mendukung upaya daur ulang yang ramah lingkungan.

Baca juga:  Tokoh Kasepuhan Turut Prihatin Siswa Tak Lolos PPDB di SMAN 1 Cisolok Sukabumi

“Para pelajar juga bakal melakukan kunjungan pelajar ke Museum Kipahare, salah satu museum tertua di Kota Sukabumi, sebagai kegiatan penggalian sejarah,” tuturnya.

Nah, tambah Arham nanti hasil wawancara tentang plogging juga akan dibuat sebagai dokumentasi. Selain itu, program ini akan melibatkan semua siswa kelas 7 dan 8 dalam kurikulum yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan potensi,” pungkasnya.

Pos terkait