Inovasi dalam bidang teknologi yang terus dikembangkan oleh Desa Margalaksana.

Gali Potensi Teknologi, Desa Margalaksana Gandeng Paguyuban Pasundan, YPSI dan Komunitas Mata Sosial 

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, SukabumiDesa Margalaksana Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi terus selalu mengembangkan inovasi untuk kemajauan dan kesejahteraan warga masyarakat, Sabtu (05/06/2021).

“Ada beberapa yang sedang dikembangkan baik dalam pariwisata, budaya dan juga pertanian serta teknologi terapan untuk lebih menunjang dalam berbagai sektor,” ungkap Habib Fahmi selaku Kepala Desa Margalaksana di Inna Samudera Beach Hotel.

Lanjut dia, tadi malam kita sudah membahas beberapa poin dengan Yayasan Poli Sains Indonesia (YPSI) yang menginisiasi berbagai teknologi terapan, dan juga bersama Komunitas Mata Sosial Indonesia yang konses di berbagai permasalahan sosial.

YPSI yang konsen bergerak di bidang pendidikan dan sains masuk desa adalah sebagai salah satu wujud pengabdiannya kepada negara dengan membangun SDM dan memaksimalkan SDA di pedesaan.

Baca juga:   Beras Zakat Fitrah Desa Kalibunder Sukabumi Capai 7,95 Kwintal 

“Komunikasi kami sudah lama sebenarnya, sebelumnya kami di rekomendasikan oleh Abah Ruskawan dari Paguyuban Pasundan, sehingga terjalain komunikasi lebih intens lagi dengan pihak YPSI ini,” ungkapnya.

YPSI banyak memberikan arahan dan pencerahan serta advice untuk beberapa pengembangan teknologi terapan yang bisa manfaat buat warga masyarakat.

Mata Sosial selalu memberi dukungan penuh dalam memajukan lingkungan dengan tetap menjaga lingkungan sekitar agar tetap terjaga.

Ditempat yang sama, perwakilan dari YPSI, Megawati menjelaskan, bahwa pihak YPSI akan selalu mensuport dalam peningkatan kualitas kesejahteraan warga masyarakat dengan berbagai inovasi-inovasi yang nantinya akan menjadi sebua produk yang sangat bermanfaat dan ramah lingkungan.

“Hal ini, sebelumnya kita sudah sepakat dari Paguyuban Pasundan dan Komunitas Mata Sosial Indonesia serta Habib Fahmi selaku Kepala Desa Margalaksana. Disini banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dan digali sehingga punya nilai dan market, salah satunya air laut yang melimpah ruah ini bisa dijadikan berbagai sumber energi untuk kemanfaatan warga masyarakat,” ungkap Megawati selaku perwakilan dari YPSI Jakarta.

Masih di tempat yang sama, Komunitas Mata Sosial pun membenarkan bahwa komitmen kami adalah untuk peningkatan kesejahteraan warga masyarakat dengan memaksimalkan potensi yang ada.

“Memang betul, kita ini banyak potensi dari guriplapsnya. Gunung, Rimba, laut, pantai, sungai, hasil dari kajian dan riset beberapa waktu yang lalu, YPSI sepakat untuk pengembangan teknologi terapan yang ramah lingkungan dan bisa bermanfaat buat warga masyarakat. Tidak hanya desa margalaksana saja, kami semua terbuka selebar-lebarnya untuk saling memajukan dan turut serta mewujudkan kesejahteraan ekonomi rakyat di tengah Pandemi Covid-19 ini,” berber Ruslan Raya pendiri Komunitas Mata Sosial Indonesia.

Baca juga:   Alhamdulillah Pemdes Gunungbentang Cairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Sementara itu, Abah Ruskawan juga menyampaikan bahwa dirinya secara pribadi dan juga atas nama Paguyuban Pasundan mengucapkan terimakasih kepada YPSI dengan pengabdiannya kepada warga masyarakat untuk meningkatkan sdm di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini.

“Saya Sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta membantu dan memberikan support untuk terus melakukan yang terbaik kepada warga masyarakat Sukabumi dalam memajukan daerah dengan memaksimalkan potensi yang ada,” ujar Abah Ruskawan.

Abah Ruskawan menyatakan atas nama Paguyuban Pasundan siap membantu dan menjalin kerjasama dengan YPSI dan berbagai komunitas dalam memajukan potensi daerah, baik itu UMKM, dan potensi SDM dan SDA lainnya.

“Kami sangat terbuka untuk siapapun dalam peningkatan potensi di tiap-tiap daerah,” ujar Abah Ruskawan.

 

 

Reporter:   Tanjung

Redaktur:  Dharmawan Hadi

Tinggalkan Balasan